JAKARTA, HOLOPIS.COM – Setelah resmi sebagai lokasi Formula E, panitia pelaksana pastikan tidak akan bangun sirkuut baru karena balapan akan berlangsung di jalan yahg sudah ada di kawasan Ancol.

“Nah Formula E sendiri itu area jalan raya yang bisa di-approve FEO dan FIA dengan kondisi dan desain dari mereka dan alhamdulillah, nanti akan ditayangkan gambar yang sudah di-approve,” kata Ahmad Sahroni, Ketua Pelaksana Formula E, , di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12).

Lintasan Formula E di Ancol bakal berbentuk kuda lumping. Mereka memaparkan lintasannya adalah 600 meter dengan 16 tikungan. Lebar jalan yang menjadi lintasan adalah 12 meter.

Nantinya, jalan raya yang akan jadi lintasan pada balap Formula E akan ditutup terlebih dahulu. “Tidak perlu lagi membangun sirkuit dari nol karena Formula E beda sama F1 yang harus dibangun dari awal seperti Mandalika,” kata Sahroni.

Dalam kesempatan tersebut, Sahroni juga menegaskan bahwa pelaksanaan Formula E yang akan berlangsung pada 4 Junu 2022 tidak menggunakan dana APBD DKI Jakarta.

“Tolong dicatat, kita gunakan dengan cara merangkul sponsor dan itu dilakukan di seluruh dunia dalam event besar,” tegas Sahroni.

Sebelumnya diberitakan, Ancol dipilih sebagai lokasi karena dinilai sebagai lokasi yang dinamis dan ikonik Jakarta, serta tidak mengganggu kepentingan masyarakat.