Efek Samping Teh Hijau

Jika Sobat Holopis senang mengonsumsi teh hijau, maka kalian harus tetap berhati-hati, karena mengonsumsi teh hijau secara berlebihan juga bisa berdampak buruk loh bagi kesehatan tubuh kalian. Berikut ini efek samping yang bisa diberikan oleh teh hijau, saat kalian mengonsumsi secara terus menerus, antara lain:

  • Memperlambat Penyerapan Zat Besi Pada Tubuh

Kandungan antioksidan dalam teh hijau memberikan banyak manfaat, tetapi ada beberapa efek samping yang ditimbulkan jika tidak diminum diwaktu yang tepat.

Salah satu senyawa antioksidan dalam teh hijau, yaitu flavonoid dipercaya dapat mengikat zat besi dalam tubuh kalian, akibatnya zat besi tak dapat diserap oleh tubuh.

Coba minumlah teh hijau saat waktu makan atau setelah makan, agar bisa mengurangi penyerapan zat besi hingga 70 persen.

  • Memperburuk Anemia

Jika Sobat Holopis sering mengalami gejala anemia, cobalah untuk menghindari mengonsumsi teh hijau terlalu sering, karena teh hijau berisiko menyebabkan anemia semakin memburuk.

Teh hijau juga memiliki sifat yang menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh. Jadi, jika Sobat Holopis memiliki gejala anemia, sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar diberikan batasan jumlah mngonsumsi teh hijau yang masih ditaraf aman untuk kalian.

Selalu ingat, kalian bisa terkena anemia walaupun dalam keadaan sehat, apabila terlalu sering mengonsumsi teh hijau.

  • Ketergantungan Pada Kafein

Jika Sobat Holopis sering atau bahkan hobi mengonsumsi teh hijau, maka kemungkinan kalian akan mengalami efek samping, yaitu ketergantungan pada kafein.

Jadi, ketika Sobat Holopis tak mengonsumsi teh yang mengandung kafein, maka kalian akan mengalami gejala yang namanya putus kafein. Kondisi inilah yang biasanya ditandai dengan rasa kantuk, lalu pusingm sakit kepala, atau bahkan mudah terpancing emosi.

  • Susah Tidur

Efek samping yang terakhir adalah sulit tidur, tetapi kondisi ini bisa terjadi jika kalian mengonsumsi teh hijau kurang dari 2 jam sebelum kalian tidur.

Kondisi ini masih ada hubungannya dengan kandung kafein yang tinggi dalam teh hijau, dan kafein berpengaruh langsung pada sistem saraf pusat otak kalian. Hasilnya menunjukkan otak dapat memasuki mode kewaspadaan, yang bisa mengakibatkan rasa kantuk kalian berkurang atau bahkan menyebabkan kualitas tidur kalian bisa terganggu.

Berikut ini tips yang bisa Holopis.com berikan untuk kalian, apa saja yang diperhatikan saat menyeduh teh hijau, antara lain:

  • Pertahankan Rasio Air

Saat Sobat Holopis menyiapkan teh hijau, kalian harus menjaga rasioa 3:5 teh hijau dengan air, artinya jika kalian mengambil 3 gram teh hijau maka kalian juga harus mengambil 5 ons air.

  • Kualitas Air

Pada tips sebelumnya dijelaskan air dalam kondisi tak dicemari dengan daun teh hiaju, lalu sekarang kalian harus memperhatikan kualitas airnya. Air yang kalian gunakan usahakan untuk disaring, dan juga kalian bisa menggunakan air keraj apabila mempercayai sumbernya, jangan gunakan air suling

  • Suhu Air

Dalam pembuatan teh hijau, suhu airlah yang sangat penting disiapkan. Jika kalian merebus air dengan suhu yang terlalu panas, maka kalian bisa mengurangi khasiat dari teh hijau. Usahakan untuk selalu mempertahankan suhu di 85 derajat.

  • Kapal Pembuatan Bir

Lalu pilihlah wadah untuk bir kecil, ukuran sekitar 100-200 ml dalam satu porsi. Kalian juga bisa menggunakan teko pembuat teh tradisional Cina atau Jepang.

  • Waktu Menuangkan

Sobat Holopis tak perlu lama-lama untuk menuangkannya, trik yang baik adalah selama 2-3 menit sudah cukup. Apalagi jika kalian menyeduh teh hijau melebihi batas selama 3 menit, maka teh hijau akan berubah menjadi pahit dan juga penuh dengan ampas teh hijau.

  • Menghilangkan Ampas Teh

Sobat Holopis juga bisa menggunakan saringan untuk menuangkan teh ke dalam cangkir yang berbeda atau bisa menggunakan infuser untuk penyaringan ampas teh hijau.

Itulah beragam penjelasan mengenai manfaat, efek samping hingga hal apa saja yang perlu diperhatikan pada teh hijau. Sobat Holopis juga harus tetap waspada ada efek samping yang diberikan.

Sebenarnya, Sobat Holopis bisa saja mengonsumsi teh hijau, tetapi jangan jadikan teh hijau sebagai pengganti air putih ya.

Sangat disarankan untuk kalian mengonsumsi teh hijau diwaktu yang tepat, seperti pagi hari atau bahkan siang hari setelah kalian makan.