• Batasi Waktu Untuk Mengambil Keputusan

Ada juga cara yang paling mudah untuk mengatasi overthinking, yaitu menetapkan batas waktu untuk diri kalian berpikir dan juga kapan kalian menetapkan suatu keputusan bagi diri kalian.

Terlalu banyak berpikir tanpa adanya jalan keluar atau kejelasan, hasilnya akan membuang waktu kalian dan tentu saja membuang energi kalian.

Dari pada kalian berlarut-larut dalam pemikiran yang tak penting, lebih baik kalian menentukan pilihan keputusan yang akan diambil. Tetapi kalian juga jangan terburu-buru dalam pengambil keputusan, agar tak salah melangkah.

  • Perbanyak Tindakan

Cara menghilangkan overthinking memang paling sulit untuk dijalani, tetapi jika kalian ingin mengubah hidup kalian, maka kalian perlu mengambil tindakan dengan cepat.

Apabila kalian hanya berpikir, maka tak akan membuahkan hasil apapun, karena overthinking biasanya susah untuk mengambil tindakan, tetapi kalian juga harus memotivasi diri kalian agar tak berlarut-larut dalam overthinking.

Cobalah untuk memulai ambil tindakan kecil, tetapi rencanakan juga target kalian. Coba untuk menanyakan pada diri sendiri “apakah yang saya lakukan hari ini sudah mencapai target?’. Dengan melakukan hal ini bisa membantu diri kalian untuk berani mengambil tindakan walaupun skalanya kecil. Lalu jangan terlalu banyak memikirkan pendapat orang lain terhadap diri kalian, bukan berarti kalian tak bisa dikasih masukan atau nasehat, tetapi hindari untuk mendengarkan perkataan orang lain.

  • Hindari Diri Dari Rasa Penyesalan

Jika kalian mengalami overthinking, pasti kerap kali tenggelam dalam penyesalan yang pernah kalian lakukan. Saat mengalami overthinking, kalian biasanya membandingkan dengan rencana dan juga pada kenyataannya, sehingga akan membuat kalian menjadi lebih buruk dan bahkan akan menimbulkan setres.

jadi lebih baik kalian lupakan hal-hal yang bisa memicu overthinking, dan cobalah untuk belajar dari kesalahan tersebut untuk dijadikan refleksi diri, agar kalian tak lagi salah dalam mengambil keputusan dikemudian harinya.