JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemerintah menyiapkan strategi untuk mencegah terjadinya antrean masyarakat yang menunggu hasil pemeriksaan PCR setelah mereka berpergian dari luar negeri.

Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy menjelaskan, salah satu strateginya adalah dengan mempercepat hasil test PCR yang selama ini dianggap memperlambat prosesnya.

“Kementerian dan lembaga terkait akan mempercepat proses pemeriksaan dan mengurangi waktu tunggu hasil PCR di pintu-pintu masuk. Sehingga tidak terjadi penumpukan pelaku perjalanan di luar negeri atau PPLN, di pintu-pintu masuk baik darat, laut, maupun udara,” kata Muhadjir, Selasa (21/12).

Strategi lainnya dikatakan mantan Mendikbud itu adalah dengan pengetatan penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang selama ini dinilai sudah mulai kendor dilakukan oleh masyarakat.

“Penggunaan aplikasi PeduliLindungi akan ditingkatkan dan menjadi dasar untuk memberikan sanksi bagi pihak-pihak yang seharusnya menggunakan aplikasi ini dengan tertib, tetapi belum melaksanakannya dengan disiplin,” tegasnya.

Dengan strategi ini, Muhadjir kemudian berharap agar varian Omicron yang sudah resmi masuk ke Indonesia itu bisa diminimalisir penyebarannya yang rata rata dibawa dari pelaku perjalanan luar negeri.

“Kebijakan ini untuk mencegah kembang penularan COVID-19 berikutnya, terutama dengan yang baru, yaitu varian Omicron,” tutupnya.