JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyoroti pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang enggan mengeluarkan biaya karantina di hotel.

Kenyataan ini didapatnya berdasarkan laporan Polda Metro Jaya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Luhut mengaku kecewa terhadap PPLN, yang bisa mengeluarkan banyak uang untuk belanja di luar negeri, tapi ogah membayar untuk melakukan karantina ketika kembali tiba di Indonesia.

“Kami tadi sudah minta kepada Polda Metro untuk melakukan razia di lapangan terbang Soekarno-Hatta, yang ternyata banyak yang memberikan sebaran video itu. Banyak yang belanja ke luar negeri shopping, tidak mau karantina di hotel, padahal dia bisa,” ungkapnya (20/12).

Merespons kasus ini, ia bakal menindak pelaku perjalanan luar negeri yang bandel dan tidak mau melakukan karantina. Sebab, ia tak ingin penyebaran Covid-19 varian baru terjadi di Tanah Air akibat ulah nakal PPLN.

“Ini akan kita ambil tindakan (kepada) orang-orang yang melakukan hal semacam ini. Jadi jangan membuat gosip-gosip yang tidak perlu,” tegas Luhut.