Bahaya Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan serat, dan sangat baik untuk kalian yang sedang menjalankan program diet. Namun, jika kalian mengonsumsi buah pisang terlalu banyak akan menimbulkan efek samping.

Berikut ini beberapa bahaya atau efek samping yang dikeluarkan jika kalian mengonsumsi buah pisang secara berlebihan, antara lain:

  • Sembelit

Pisang mengandung cukup banyak asam tanat, jika kalian mengonsumsi dalam jumlah yang sedikit tak akan berpengaruh apapun, tetapi kalau kalian mengonsumsi pisang dalam jumlah yang banyak akan merasakan efek sampingnya, seperti sembelit.

Ada beberapa peneliti yang menjelaskan bahwa kadar asam tanat yang tinggi dapat menyebbakan sembelit yang serius. Sembelit pastinya pernah dialami oleh setiap orang, tetapi sembelit kronis dapat menyebabkan kerusakan parah pada saluran pencernaan dan sangat memerlukan pertolongan dokter.

  • Merusak Gigi

Jika Sobat Holopis mengonsumsi telalu banyak makanan yang mengandung manis, maka gigi kalian akan berpotensi mengalami kerusakan. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa makan pisang memiliki dampak yang bisa merusak gigi lebih besar daripada coklat ataupun permen mengandung gula yang tinggi.

  • Berat Badan Naik

Banyak orang yang menyakini bahwa kandungan serat dalam pisang dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi kalau Sobat Holopis mengonsumsi terlalu banyak akan berefek kebalikan dari menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa pisang mengandung tinggi karbohidrat dan juga kalori yang jika kalian konsumsi dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi jika kalian makan secara berlebihan akan memberikan dampak sebaliknya, karena kandungan gula yang tinggi pada pisang bisa membuat verat badan menjadi naik, dan membuat lingkar pinggang bertambah.

  • Melonjakan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa pisang yang terlalu matang mengandung Indeks Glikemiks (GI) 62 dengan skala 0-100. Jika kalian ingin menjaga gula darah, usahakan untuk tetap menjaga atau perlu menjauhkan makanan dan minuman yang mengandung GI dengan kadar sedang ataupun tinggi.

Jika kita mengonsumsi pisang dalam jumlah yang banyak, pastinya akan mengalami efek samping yang bahaya untuk kesehatan tubuh kita. Lantas bagaimana cara kita agar tetap sehat dan tepat untuk mengomsumsi buah tersebu?

Cara Sehat, Aman, dan Tepat Untuk Mengonsumsi Buah Pisang

Saat pisang sudah mengalami kematangan, bisa kalian langsung konsumsi ataupun diolah terlebih dahulu menjadi beberapa jenis makanan ataupun camilan manis yang bergizi. Namun, ingat lah untuk membatasi konsumsi pisang yang diolah dengan cara di goreng, karena menggoreng pisang akan menghilangkan kandungan nutrisi didalamnya dan akan meningkatkan kadar lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko kalian terkena kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, ataupun tekanan darah tinggi.

Jika Sobat Holopis ingin mendapatkan manfaat pisang secara maksimal, kalian bisa mengelolahkan dengan cara, sebagai berikut:

  • Jadikan just ataupun smoothies, dan kalian bisa menambahkan susu dengan rendah lemak, lalu madu, dan juga buah-buahan lainnya.
  • Kedua, kalian bisa mencampurkannya dengan sereal ataupun oatmeal, dan kalian bisa menambahkan buah-buahan lainnya atau bisa juga menambahkan kacang almond.
  • Sobat Holopis juga bisa menghaluskan pisang lalu dicampurkan kedalam adonan kue untuk membuat kue bolu atau sejenisnya.
  • Dan Sobat Holopis juga bisa menggunakan sebagai pengganti selai pada roti.

Jika Sobat Holopis ingin mendapatkan manfaat dari buah itu, sebaiknya kalian juga menyeimbangkan dengan pola hidup yang sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi, lalu mencukupi waktu istirahat kalian, dan juga jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin.

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, jika terjadi yang bahaya bagi kesehatan kalian.