JAKARTA, HOLOPIS.COM – Akun Media Sosial Instagram menhadirkan tiga fitur terbaru jelang penutupan tahun 2021. Dua fitur ini sudah tersedia secara global, sementara satu fitur baru aktif untuk pengguna di Amerika Serikat.

Ketiga fitur baru Instagram tersebut telah diumumkan bos Instagram Adam Mosseri melalui sebuah unggahan.

Pertama, terdapat fitur baru yang bersifat temporal, atau berlaku di jangka waktu tertentu. Fitur tersebut adalah Instagram Playback atau #IGPlayBack. Fitur ini disediakan untuk pengguna mengunggah momen terpilih yang terjadi sepanjang tahun. Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengunggah serangkaian momen di Instagram Story dengan bingkai 2021.

“Kami ingin membuat sesuatu yang membuat Anda bisa merayakan momen-momen favorit selama 2021” ujar Mosseri.

Fitur kedua adalah Reels Visual Replies. Fitur tersebut memberikan kemampuan untuk pengguna membagikan (share) salah satu komentar di unggahan feed ke Instagram Reels.

Anda bisa memilih komentar teman Anda di kolom komentar, lalu membagikannya di Reels dengan menambah aset atau hiasan tertentu, serta mengunggah foto/video yang berkaitan dengan komentar yang dibagikan.

“Jika Anda seorang kreator, fitur ini dapat mendorong Anda untuk bersentuhan dengan pengikut sebanyak mungkin,” tutur Mosseri.

Fitur ini terlihat seperti yang telah diaplikasikan TikTok. Fitur menggunakan komentar sesama pengguna untuk konten tanya jawab, atau mungkin untuk menjawab tantangan.

Mosseri menyebut semakin sering pengguna menggunakan fitur tersebut, semakin besar kemungkinan bagi seorang kreator mengembangkan akun untuk meraup engagement lebih luas lagi.

Fitur selanjutnya adalah Profile Embed. Jika biasanya pengguna hanya bisa embed atau menautkan unggahan Instagram di platform lain seperti blog, CMS, dan seterusnya, kini pengguna bisa embed profil Instagram.

Tampilan profil yang ditautkan akan disertai beberapa thumbnail unggahan feed teratas. Fitur ini belum dirilis secara global, melainkan khusus untuk pengguna Instagram di Amerika Serikat.