JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menkes Budi Gunadi Sadikin resmi mulai mengenalkan jalur kesehatan di forum G20 (17/12). Pengenalan kepada Menteri Kesehatan G20 ini untuk menentukan arah perjalanan dunia dalam mengakhiri pandemi COVID-19.

“Karena seperti yang kita tahu, sudah hampir dua tahun sistem kesehatan dunia mendapatkan tekanan besar untuk bangkit dan pulih dari pandemi COVID-19. Sebab, pandemi tidak hanya berdampak pada sistem kesehatan global namun juga berdampak pada kehidupan masyarakat global,” ujar Budi dikutip (18/12).

Salah satu pelajaran paling penting yang didapat dari pandemi COVID-19 saat ini arsitektur kesehatan global lambat untuk respons pandemi COVID-19. Selain itu, tidak siap untuk mencegah keadaan kedaruratan kesehatan masyarakat pada masa depan.

Tema Presidensi G20 “Recover Together, Recover Stronger” bertujuan untuk membangun kembali arsitektur kesehatan global yang lebih kuat dan dapat bertahan menghadapi krisis kesehatan di masa depan serta mempersiapkan generasi mendatang lebih baik.

Menkes Budi menuturkan, Kementerian Kesehatan selaku ketua Health Working Group telah menetapkan tema “Menata Ulang Arsitektur Kesehatan Global” dengan tiga isu prioritas bidang kesehatan.

Tiga isu itu antara lain membangun ketahanan sistem kesehatan global, harmonisasi standar protokol kesehatan global serta memperluas manufaktur global dan pusat pengetahuan untuk pencegahan pandemi COVID-19, kesiapsiagaan dan respons.

Indonesia berkomitmen bekerja sama membangun global yang nyata kolaborasi untuk pemulihan pandemi yang dipercepat dan kuat dengan tetap berpegang pada prinsip solidaritas, akuntabilitas, dan kesetaraan.

Sebab, selain respons yang lambat, sektor kesehatan juga belum memiliki mekanisme global yang dapat dengan cepat memobilisasi sumber daya, baik dalam hal pendanaan maupun penanggulangan medis penting lainnya dalam menanggapi krisis kesehatan masyarakat.