Begitu banyak manfaat jika kita mengonsumsi bawang putih tunggal, tetapi jika kebanyakan bawang putih, Sobat Holopis justru bisa mengalami efek samping yang merugikan, dan bahkan bisa mengancam keselamatan kalian.

Lantas apa saja efek samping jika mengonsumsi bawang putih tunggal secara berlebihan?

Efek Samping Bawang Putih Kating

Tahu kah Sobat Holopis? Mengonsumsi bawang putih secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping yang bahaya untuk kesehatan kalian. Berikut ini efek samping yang dikeluarkan oleh bawang putih tunggal jika kalian mengonsumsinya secara berlebihan, antara lain:

  • Memperburuk Infeksi Jamuran Pada Vagina

Pernahkah Sobat Holopis mengalami infeksi jamur pada vagina? Jika ya, cobalah untuk tak mengonsumsi bawang putih tunggal, apalagi dengan jumlah yang sangat banyak, karena bawang putih tunggal dapat menyebabkan iritasi jaringan lunak pada vagina.

  • Mengalami Sakit Kepala

Siapa sangka, kebanyakan bawang putih ternyata juga berkontribusi pada terjadinya sakit kepala. Menurut dr. Devia, keluhan ini bisa terjadi karena bawang putih disinyalir dapat menstimulasi saraf trigeminal.

“Karena punya pengaruh tersebut, bawang putih dapat melepaskan neuropeptida sehingga mencetuskan keluhan sakit kepala,” tambah dr. Devia.

  • Bau Mulut

Mengonsumsi bawang putih tunggal secara berlebihan dapay menyebabkan bau mulut atau halitosis, karena kandungan herbal pada bawang tersebut mengandung senyawa sulfur yang bisa mengeluarkan aroma kuat dank has dari bawang putih kating itu.

Risiko terjadinya bau mulut juga bisa meningkat secara berkali-kali, apabila Sobat Holopis mengonsumsi bawang mentah dengan jumlah yang banyak.

  • Timbul Rasa Gatal dan Ruam

Mengonsumsi bawang putih secara berlebihan dapat menyebabakan munculnya sensasi gatal dan ruam akibat kulit kalian sensitive atau alergi.

Bagi orang yang alergi bawang putih, jangankan mengonsumsi, menyntuh ataupun menghirup aromanya saja bisa menimbulkan alergi.

  • Gangguan Pada Lambung

Bagi Sobat Holopis yang mengalami asam lambung disarankan untuk tidak mengonsumsi bawang putih, karena akan mengalami keburukan, seperti mual, muntah dan mempengaruhi gejala heartburn atau dada terasa panas seperti terbakar.

Telah diketahui, mual dan muntah secara berlebihan dapat membuat tubuh kalian kekurangan cairan dan mengakibatkan dehidrasi. Jika hal itu terus dibiarkan, dehidrasi akan menyebabkan penurunan kesadaran hingga kehilangan nyawa.

Jika Sobat Holopis ingin mengonsumsi bawang ini, cobalah dengan berbagai cara yang bisa kalian lakukan, seperti:

  • Mengonsumsi secara langsung
  • Membuat rebusan
  • Bawang tunggal yang dihaluskan lalu dicampur air hangat dan madu
  • Dijadikan bumbu masakan
  • Fermentasi dengan madu

Jika kalian mengonsumsi berlebihan pasti akan menyebabkan efek samping yang merugikan kesehatan kalian, jadi batasilah jumlah bawang putih yang kalian konsumsi.

Jika Sobat Holopis diwajibkan untuk rutin meminum suplemen yang mengandung bawang putih, maka konsultasikanlah lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat untuk kalian.