JAKARTA, HOLOPIS.COM – Bawang putih tunggal atau yang dikenal dengan bawang putih lanang merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan di Indonesia sebagai bahan untuk menambahkan cita rasa olah masakan.

Bawang putih lanang ini memiliki rasa yang khas sehingga dijadikan bahan yang tak pernah terlupakan dalam setiap olah masakan. Bawang ini juga sudah lama digunakan sebagai penyedap berbagai masakan, mulai dari tumisan hingga yang dibakar.

Tak hanya sebagai penambah cita rasa, bawang putih tunggal juga dipercaya memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.bawang putih tunggal juga sering dijadikan obat alternatif untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Namun, sebelum Sobat Holopis mengetahui apa saja manfaat dari bawang putih tunggal, kalian harus tahu terlebih dahulu kandung yang terdapat di bawang putih tunggal.

Bawang ptuih tunggal mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B6.

Tak hanya mengandung vitamin, bawang putih tunggal juga terdapat kandungan alami, yaitu allium sativum yang juga mengandung mineral, seperti selenium, mangan, serat, zat besi, fosfor, dan juga kalium.

Bawang putih lanang juga mengandung bahan aktif, seperti sulfur, diallyl disulfide, dan sallyl cysteine.

Dengan beragam kandungan yang ada, bawang putih sudah dipercaya selama ribuan tahun sebagai obat yang alami.

Lantas apa saja manfaat dari rempah satu itu?

Manfaat Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal memiliki bentuk bulat dengan warna yang jauh lebih putih dari bawang putih biasanya. Tetapi bawang putih tunggal jarang sekali digunakan untuk memasak, melainkan lebih sering digunakan sebagai obat herbal. Berikut ini manfaat dari bawang putih tunggal untuk kesehatan menurut dr. Valda Garcia, antara lain:

  • Mejaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih tunggal adalah melindungi penderita diabetes dari kardiomiopatti atau penyakit kronis pada otot jantung.

Ada seorang peneliti menyatakan bahwa kandugan diallyl trisulfide ddipercaya dapat menyehatkan jantung.

  • Mengobati Flu

Sobat Holopis sering terkena flu? Kalau ya, cobalah untuk mengonsumsi bawang putih tunggal, karena kandungan belerang dalam bawang putih tunggal yang memiliki bau yang khas dan kuat ini bermanfaat untuk mempercepat kegiatan membrane mucous pada saluran pernapasan kalian.

Kandungan belerang yang terdapat di bawang putih lanang ini dapat membantu penyumbatan hidung saat flu dan membantu mengencerkan lender yang ada.

  • Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang ini adalah menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Ada beberapa peneliti menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi bawang putih mengalami perbaikan kadar kolesterol dan juga penurunan tekanan darah secara signifikan.

Kandungan allicin dalam bawang putih tunggal dipercaya mampu menekan jumlah kolesterol total dalam tubuh kalian.

Bawang ini juga diperpcaya mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 12% setelah mengonsumsi selama 1 bulan.

Bawang putih tunggal juga diketahui menjadi media yang bagus untuk penurunan lemak penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh.