JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Jokowi sebatas memberikan himbauan kepada pejabat dan negara untuk tidak berpergian ke luar negeri dalam beberapa hari ke depan.

Imbauan itu disampaikan Jokowi menyusul ketika secara resmi varian baru Covid, Omicron, singgah di Indonesia. Imbauan itu sendiri, dikatakan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, sampai kondisi sudah bisa dikatakan kondusif.

“Saya minta seluruh warga maupun pejabat negara untuk menahan diri tidak bepergian ke luar negeri, paling tidak sampai situasi mereda,” kata Jokowi, Kamis (16/12).

Dengan masuknya varian Omicron ke Indonesia, Jokowi beralasan mutasi virus tersebut yang tidak bisa terbendung. Dia pun kemudian hanya meminta agar masyarakat bisa semakin menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Sebagaimana sudah disampaikan Menteri Kesehatan, Varian Omicron sudah terdeteksi di wilayah Indonesia. Ini memang tak terelakkan karena salah satu karakter varian ini adalah penularannya sangat cepat,” katanya.

“Sekarang yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar Varian Omicron tidak meluas di tanah air. Jangan sampai terjadi penularan lokal,” tambahnya.

Mantan Walikota Solo itu kemudian meminta agar seluruh pihak berupaya menjaga situasi di Indonesia tetap baik dan mampu mempertahankan jumlah kasus aktif tetap rendah. “Tingkat penularan kita awasi agar bertahan di bawah satu, jangan sampai itu melonjak lagi,” tegasnya.