JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemerintah mengklaim bahwa kondisi di Indonesia saat ini sudah mendekati fase normal meskipun varian Omicron baru saja terdeteksi masuk ke tanah air.

Presiden Jokowi dalam pernyataannya pasca Omicron dinyatakan resmi masuk Indonesia, meminta agar masyarakat tidak panik dan tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat.

“Waspada penting, tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik. Meski situasi di dalam negeri sudah mendekati normal, Saudara-saudara semuanya jangan kendur menerapkan protokol kesehatan, tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan,” kata Jokowi, Kamis (16/12).

Disampaikan Jokowi, dari pengetahuannya selama ini, varian Omicron memang relatif tidak terlalu berbahaya dibandingkan varian Delta yang sebelumnya banyak menyebabkan korban meninggal.

“Sejauh ini Varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien-pasien yang sudah mendapatkan vaksin,” tuturnya.

Dengan dalih seperti itu, Jokowi kemudian meminta masyarakat untuk segera mendapatkan vaksinasi dosis lengkap demi mencegah penularan Covid yang lebih parah.

“Oleh sebab itu, saya meminta semua warga yang belum mendapatkan dua kali vaksin, apalagi yang sama sekali belum divaksin, segeralah mendatangi fasilitas-fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin,” ajaknya.

Ditambahkan Jokowi, dengan kondisi terbaru saat ini, dia memerintahkan kepala daerah untuk bisa aktif kembali menjalankan 3T.

“Untuk pemerintah daerah, saya minta agar testing dan tracing kontak erat digencarkan lagi, ditingkatkan lagi,” tegasnya.