JAKARTA, HOLOPIS.COM Kematian akibat Covid-19 di Amerika Serikat telah melewati 800.000 kasus. Angka tersebut merupakan jumlah kematian tertinggi dibandingkan negara lainnya di dunia.

“Hampir semua orang meninggal dari penyakit yang bisa dihindari,” kata Chris Beyrer, seorang epidemiolog Sekolah Kesehatan Masyarakat John Hopkins Bloomberg seperti dilansir dari The Guardian, Rabu (15/12).

Ia mengindikasikan bahwa vaksinasi dapat menghindari kematian akibat Covid-19. Jumlah kematian tertinggi di Amerika terjadi ketika dunia baru mengenal varian Covid-19 baru yang diberi nama Omicron.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan bahwa varian tersebut telah terdeteksi di 77 negara. Varian Omicron pertama kali dideteksi di Afrika Selatan bulan November 2021 lalu. Varian ini pun ditemukan lebih mudah menular dibandingkan varian yang lain, namun belum dipastikan apakah lebih berbahaya atau tidak.

Saat vaksin pertama kali didistribusikan di Amerika Serikat, jumlah kematian akibat Covid-19 di negara tersebut sekitar 300,000.

Lalu pada pertengahan Juni meningkat menjadi 600,000 dan mencapai angka 700,000 pada 1 Oktober, dan saat ini sudah mencapai 800 ribu kasus.