JAKARTA, HOLOPIS.COM Google baru-baru ini mengumumkan kehadiran OS versi terbarunya, yakni Android 12 Go Edition. OS ini dirancang untuk perangkat entry-level yang mempunyai harga terjangkau dan dukungan hardware yang rendah.

Dilansir dari gsmarena.com, Google berjanji OS versi terbaru besutannya ini akan menghadirkan pengalaman OS yang lebih kencang, lebih cerdas dan lebih ramah privasi. Setidaknya lebih kencang jika dibanding dengan smartphone entry level pada umumnya.

Dikabarkan ponsel dengan OS Android 12 Go Edition ini akan memiliki kemampuan membuka aplikasi yang jauh lebih cepat, yakni 30% dari versi sebelumnya. Animasi yang disajikan juga akan lebih halus jika dibandingkan dengan Android versi Go lainnya.

Sejumlah fitur juga ditambahkan Google, salah satunya yakni Hibernating Apps yang berfungsi untuk menidurkan aplikasi yang jarang digunakan atau dibuka. Fitur ini akan membuat penggunaan daya tahan baterai dan RAM jadi lebih efisien.

Fitur Recent Apps versi terbaru di layar Android 12 Go Edition juga menawarkan sejumlah pilihan untuk mendengarkan berita dan menerjemahkan konten apapun yang ada di layar ke dalam bahasa yang dipilih.

Tak hanya itu aplikasi File Go juga mendapat pembaruan dari Google. Nantinya, aplikasi ini dapat memungkinkan pengguna untuk mengambil file yang telah dihapus dalam waktu 30 hari.

Melalui Nearby Share dan Google Play, pengguna Android 12 Go Edition dapat berbagi aplikasi secara langsung dengan perangkat terdekat, sehingga penggunaan data akan jauh lebih hemat.

Berbicara tentang berbagi, Android 12 Go Edition juga memungkinkan pengguna dengan mudah beralih ke profil tamu sebelum meminjamkan smartphonenya ke orang lain dan melakukan reset profil setelah smartphone kembali ke tangan penggunanya. Fitur ini nantinya akan tersedia langsung di layar kunci.

Dikabarkan, Android 12 Go Edition ini akan resmi diluncurkan pada tahun 2022 mendatang.