Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Menkes soal Wajib Karantina 10 Hari: Kita Lindungi 270 Juta Rakyat Indonesia

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan alasan pihaknya menerapkan kebijakan wajib karantina 10 hari bagi pelaku perjalanan dari luar negeri saat tiba di Indonesia.

Budi mengatakan kebijakan ini diterapkan untuk melindungi masyarakat Indonesia dari penularan berbagai varian Virus Corona (Covid-19), termasuk Omicron.

“Kalau bapak ibu banyak saudaranya kesal kenapa jadi 10 hari karantina, memang sengaja, kita melindungi 270 juta rakyat kita,” kata Budi, (14/12).

Budi menyebut kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia mulai membaik saat ini. Ia tak ingin terjadi lonjakan kasus Covid-19 lantaran kebijakan pendatang dari luar negeri di tengah penyebaran varian Omicron longgar.

“Itu berisiko besar dan kembalinya akan menularkan terhadap 270 juta rakyat kita yang sekarang relatif baik dan juga apalagi WNA [warga negara asing] yang datang ke kita,” ujarnya.

udi mengatakan kebijakan karantina 10 hari bagi pelaku perjalanan luar negeri merupakan upaya memperlambat varian Omicron masuk ke Indonesia. Mantan wakil menteri BUMN itu berkata Indonesia tidak akan bisa menghindari penyebaran varian Omicron masuk 100 persen.

“Kita perketat border-nya supaya memperlambat masuknya Omicron ke Indonesia. Tidak akan bisa kita hindari 100 persen, tapi setidaknya kita memperlambat,” katanya.

Proses karantina orang pelaku perjalanan dari luar negeri tengah menjadi sorotan publik dalam beberapa waktu terakhir.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru