JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pengguna Google Chrome mulai beralih ke Edge browser milik Microsoft, dalam sebuah laporan yang dirilis Statcounter market share browser milik Microsoft melampaui 4 persen untuk pertama kalinya pada bulan November lalu.

Lebih lanjut lagi diungkapkan, jika Microsoft Edge jadi browser paling populer ketiga di belakang Safari dan Chrome. Bahkan data yang ada, menunjukan, Chrome menjadi satu-satunya browser yang kehilangan pangsa pasar pada bulan lalu. Saat ini market sharenya 64,04 persen, turun dari 65,27 persen.

Meskipun mulai banyak pengguna Chrome beralih ke Edge, tetap belum bisa menghapus Chrome sebagai raja browser di dunia. Karena Edge masih butuh waktu untuk itu semua, biarpun peluncuran Edge baru berbasis Chromium tahun lalu membuat popularitas pengguna browser ini terus meningkat.

Microsoft meminta pengguna Windows pakai browser terbaru karena mereka menghentikan dukungan untuk Edge Legacy dan Internet Explorer. Microsoft pun harus cari cara, untuk membuat pengguna Firefox, Safari, dan Chrome beralih ke browsernya.

Bahkan belakangan ini, Microsoft cukup agresif mendorong Edge dipakai banyak pengguna meskipun caranya bikin pengguna kesal. Seperti, pengguna akan kesulitan saat mengubah browser default di Windows 10 dan Windows 11.

Perusahaan juga telah meluncurkan sejumlah fitur baru untuk Edge, dari integrasi dengan Microsoft 365 hingga tools yang dirancang untuk membantu pengguna menghemat uang untuk pembelian online.

Terbukti, Edge mampu menyalip Firefox pada bulan Juli dan sekarang mereka berupaya mengurangi dominasi Chrome. Meski prosesnya lambat, tetapi Microsoft terus memperkuat posisinya dengan percaya diri.