Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizKemenperin Usulkan PPnBM 0 Persen Dijadikan Permanen Khusus Industri Otomotif

Kemenperin Usulkan PPnBM 0 Persen Dijadikan Permanen Khusus Industri Otomotif

JAKARTA, HOLOPIS.COM – PPnBM 0 persen untuk mobil baru yang diberlakukan pemerintah, dinilai efektif untuk membangkitkan industri otomotif di Indonesia. Oleh karena itu, ada usulan dari Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita agar kebijakan tersebut dipermanenkan.

Agus mengatakan, stimulus yang diberikan itu terbukti mampu memberikan dampak signifikan pada pemulihan sektor industri otomotif. Insentif ini juga meningkatkan kepercayaan dari pelaku industri.

“Saya memberikan penghargaan kepada pabrik otomotif dan para dealer yang turut membantu, mendorong, memfasilitasi para pembeli untuk mendapatkan dan memanfaatkan stimulus ini dengan tambahan promosi dan potongan harga lainnya,” kata Agus, dalam keterangannya yang dikutip Senin (13/12).

Dari data periode Maret-November 2021, penjualan mobil naik sebesar 71,02 persen (year-on-year) atau sebanyak 487 ribu unit. Program insentif PPnBM untuk mobil baru ini juga membantu memulihkan industri pendukung.

Peserta program PPnBM DTP telah memberdayakan 319 perusahaan industri komponen tier 1. Upaya ini juga telah mendorong peningkatan kinerja industri komponen tier 2 dan 3 yang sebagian besar termasuk kategori industri kecil dan menengah.

Kemenprin juga terus lakukan pendalaman struktur manufaktur di sektor tersebut. “Tentu agar berhasil, kita memberikan insentif pada produsen untuk berlomba melakukan pendalaman struktur di tanah air,” jelas Agus.

Kebijakan PPnBM 0 persen secara permanen, ditujukan hanya untuk produk otomotif. Namun tetap dengan syarat, yaitu local purchase atau komponen lokal yang harus dipenuhi sebuah produk mobil minimal 80 persen.

“Pemerintah sedang mempersiapkannya secara berhati-hati dengan memperhitungkan cost and benefit, serta menyusun time frame-nya,” ucapnya.

Industri otomotif, jadi salah satu sektor penting sebagai kontributor utama terhadap PDB. Saat ini ada 21 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan kapasitas produksi sebesar 2,35 juta unit per tahun.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.