Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Cara menghilangkan bau ketiak adalah salah satu topik yang sering ditanyakan, terutama oleh anak-anak yang baru memasuki masa pubertas. Pada masa inilah biasanya bau badan atau bau ketiak mulai muncul.

Munculnya bau menyengat dari ketiak dapat memengaruhi kepercayaan diri. Namun, tak perlu khawatir jika masalah bau ketiak sering kalian hadapi. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang bisa kalian coba, antara lain:

  • Menjaga Kebersihan Tubuh

Jika kalian kurang menjaga kebersihan tubuh, maka dapat menyebabkan bakteri menempel dan sel kulit mati kalian jadi menumpuk. Akibatnya, kulit kalian jadi kotor dan menimbulkan bau tak sedap.

Oleh karena itu, Sobat Holopis harus menerapkan kebersihan tubuh kalian, dengan mandi setidaknya 2 kali dalam sehari untuk mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit.

Saat kalian mandi, bersihkan tubuh kalian secara menyeluruh menggunakan sabun, lalu digosok, dan pastikan area ketiak kalian dibersihkan dengan benar agar mengurangi bau tak sedap.

Setelah sobat Holopis mandi, keringkan tubuh kalian untuk mencegah kulit lembap dan mencegah bakteri berkembang biak dengan cepat.

  • Hindari Pemakaian Obat Tertentu

Walaupun bau tak sedap itu normal, namun ada beberapa orang yang berkeringat lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini disebut dengan hyperhidrosis.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh keringat yang berlebihan dari penggunaan obat tertentu, seperti beberapa obat hipertensi ataupun antidepresan.

Jika Sobat Holopis terganggu dengan bau ketiak, berkonsultasilah dengan dokter untuk diresepkan obat lain yang memiliki efek samping tak meningkatkan produksi keringat yang berlebihan.

  • Menggunakan Deodoran dan Antiperspiran

Memakai deodoran atau antiperspiran merupakan cara paling sederhana untuk menghilangkan bau ketiak, karena keduanya memiliki aroma yang dipercaya dapat menutupi bau tak sedap dari ketiak.

Kandungan deodorand juga dapat menyebabkan kulit ketiak kalian jadi lebih asam yang mampu mencegah adanya reaksi keringat dengan bakteri.

Sedangkan antiperspiran memiliki kandungan aktif seperti alumunium klorida yang dapat memblokir kelenjar apokrin untuk memproduksi keringat.

Untuk penggunaannya, sebaiknya setelah kalian mandi dan keringkan tubuh terutama ketiak kalian dengan handuk, lalu oleskan deodoran atau antiperspirant pada ketiak.

Saat ini, sudah banyak ditemukan produk yang menggabungkan deodoran dengan antiperspiran. Selain membantu mencegah ketiak basah dan bau, beberapa produk deodoran juga bisa mencegah ketiak hitam.

  • Menggunakan Pakaian Yang Tepat

Jika sobat Holopis ingin mencegah dan mengurangi bau tak sedap pada ketiak, jangan hanya fokus pada kebersihan tubuh kalian, tetapi kebersihan pakaian juga menjadi hal penting dan pilihlah pakaian kalian juga dengan pakaian yang bersih.

Cucilah baju kalian hingga bersih, tambahkan pewangi dan pelembut, serta jemurlah dibawah sinar matahari agar mematikan bakteri. Sebelum atau sesudah menjemur usahakan tempat penyimpanan baju harus bersih dan kering.

Gunakan pakaian yang longgar dengan bahan yang mudah menyerap keringat, seperti katun dan linen. Usahakan untuk segera ganti pakaian apabila pakaian kalian telah basah oleh keringat. Hindari menggunakan pakaian yang masih basah karena bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih banyak.