Bahaya Dari Akupuntur

Risiko dari akupuntur sebenarnya masih terbilang rendah, jika kalian melakukannya dengan ahli pengobatan ini. Berikut ini ada beberapa kemungkinan efek samping dari pengobatan ini:

  • Cedera Organ Tubuh

Jika jarum ditusuk terlalu dalam, maka mereka akan menusuk organ internal kalian terutama pada paru-paru. Tetapi efek ini jarang terjadi oleh tangan dokter yang professional dan bersertifikat.

  • Riwayat Kelainan Darah

Jika kalian memiliki riwayat kelainan darah, maka pengobatan ini berisiko lebih tinggi karena akan menyebabkan pendarahan atau memar akibat akupuntur.

Risikonya juga akan meningkat, apabila kalian mengonsumsi obat pengencer darah.

  • Rasa Sakit dan Infeksi

Setelah kita melakukan akupuntur, mungkin akan mengalami rasa sakit, pendarahan kecil, atau memar didaerah yang tertusuk jarum tersebut. Tetapi, tak usah khawatir karena efek ini tidak berisiko apapun.

Seorang ahli akupuntur, selalu menggunakan jarum yang steril dan sekali pakai. Jika kalian melakukan pengobatan ini bertanyalah apakah jarum tersebut baru dan steril, kalau tidak, jangan dilakukan dan akan berisiko terkena penyakit seperti hepatitis.

Walaupun manfaat akupuntur sangat beragam, tetapi kalian harus tetap berhati-hati dalam pengobatannya. Datanglah ke orang yang benar-benar ahli akupuntur dan memiliki sertifikat yang terpercaya.