Manfaat Akupuntur

Berikut ini adalah berbagai manfaat pengobatan akupuntur pada tubuh manusia untuk membantu menyembuhkan penyakit, seperti:

  • Mengurangi Sakit Kepala dan Migrain

Akupuntur dipercaya dapat menjadi alat non-farmakologis yang berharga untuk orang yang sakit kepala tegang kronis. Pada pengobatan ini, dipercaya dapat meminimaplisir sakit kepala kronis, karena pada tekniknya, jarum ditempatkan pada daerah yang strategis.

  • Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat selanjutnya adalah mengurangi rasa nyeri saat haid. Akupuntur dipercaya dapat membantu meredakan tetapi tidak menyeluruh.

Bagi wanita yang sedang haid, merasa kesakitan datang bulan itu sudah pasti ada, pengobatan akupuntur dapat membantu mengurangi nyeri akibat kram saat menstruasi.

  • Meredakan Rasa Nyeri Kronis Dibeberapa Titik

Manfaat akupuntur adalah meredakan nyeri kronis terutama pada punggung. Tak hanya dipunggung, akupuntur juga dipercaya dapat meredakan rasa nyeri kronis di leher, osteoarthritis.

  • Kesuburan

Akupuntur dipercaya baik untuk permasalah kesuburan, karena dapat membantu meredakan gangguan kecemasan serta setres yang ditimbulkan saat menjalani perawatan kesuburan.

Titik akupuntur tertentu juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kesuburan, seperti tiroid yang kurang berfungsi (hipotiroidisme) dan tiroid yang terlalu berfungsi (hipertiroidisme).

  • Mengobati Insomnia

Bagi kalian yang sering insomnia dan sedang mengonsumsi obat atau jamu, jika dibaringi dengan akupuntur akan lebih maksimal dibandingkan hanya dengan mengkonsumsi obat atau jamu saja.

  • Mempercepat Pemulihan Kanker dan Efek Samping Kemoterapi

Saat kalian melakukan kemoterapi pasti menimbulkan efek samping, seperti mual dan muntah. Akupuntur dipercaya dapat bermanfaat untuk membantu meredakan mual dan juga muntah.

Tetapi kebersihan dalam tindakan akupuntur untuk pasien kanker harus benar-benar terjaga, dikarenakan sistem imun bagi pengidap penyakit kanker yang menjalani kemoterapi sedang mengalami penurunan.

  • Memperbaiki Kondisi Kulit

Jarum akupuntur yang ditusuk ke daerah tertentu, dipercaya dapat bermanfaat untuk kulit wajah kalian, karena merangsang sistem limfatik dan peredaran darah sehingga menutrisi sel-sel kulit.

Akupuntur pada wajah juga bisa merangsang produksi kolagen dan meminimalisir timbulnya kerutan.

  • Mengatasi Asam Lambung

Jika kalian memiliki riwayat penyakit asam lambung, cobalah untuk melakukan pengobatan akupuntur. Selain untuk membantu menurunkan kadar asam lambung, akupuntur juga dipercaya dapat mencegah naiknya asam lambung.

  • Mencegah Penurunan Fungsi Otak

Pengobatan ini dapat meringankan gejala penurunan fungsi kognitif yang berkaitan dengan usia, seperti putamen dan talamus, yang disebabkan oleh penyakit Parkinson.

Setelah mengetahu manfaat dari akupuntur, apakah ada bahaya dari pengobatan ini?