JAKARTA, HOLOPIS.COM Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto terbang ke Lumajang hari ini.

Keberangkatan orang nomor satu di lembaga penanggulangan bencana di Indonesia itu untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat bencana erupsi gunung Semeru, khususnya proses evakuasi korban terdampak dapat berjalan secara optimal, dan kebutuhan dasar pengungsi tersalurkan dan diterima dengan baik.

“Kami datang untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi ini bisa berjalan secara tepat dan cepat,” kata Suharyanto dalam keterangannya, Minggu (5/12).

Seluruh kebutuhan para pengungsi juga akan dipastikan terpenuhi, untuk mendapatkan kebutuhan dasar. Langkah cepat ini dilakukan, sesuai arahan dari Presiden.

“Tentunya kebutuhan dasar dari pengungsi ini akan kami yakinkan untuk dapat terfasilitiasi secara optimal. Langkah cepat ini kami lakukan atas petunjuk dan arahan bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Suharyanto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) perintahkan Kepala BNPB dan jajarannya segera menuju ke lokasi bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jokowi minta, semua tahapan penanganan darurat bencana erupsi Semeru berjalan cepat dan tepat.