JAKARTA, HOLOPIS.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) gelontorkan dana mencapai Rp 1 miliar lebih untuk dana awal bantuan logistik korban erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan, bantuan tersebut merupakan instruksi yang telah diberikan Kepala BNPB Letjen Suharyanto.

“Bantuan yang diberikan antara lain makanan siap saji 1.374 paket, lauk pauk 1.377 paket, selimut 2.000 lembar, matras 900 lembar, masker KF 94 20.000 pcs, serta 2 unit tenda pengungsi. Total seluruh bantuan yang diberikan senilai Rp. 1.149,189.300,” jelas Abdul, Minggu (5/12).

pengungsi
Pengungsi akibat erupsi gunung Semeru yang terjadi Sabtu (4/12). (Ist)

Pengiriman bantuan logistik tersebut, dijelaskan Abdul, bersamaan dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan perwakilan kementerian dan lembaga yang langsung menuju ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Selain itu, bantuan awal pasca bencana juga telah disuplai oleh BPBD Provinsi Jawa Timur Jatim berupa bantuan Logistik, peralatan dan Mobil Operasional.

“Dinas Sosial Kabupaten Lumajang juga telah membuka dapur umum tepatnya di Lapangan Kamar Kajang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto pun hari ini ini telah tiba di Surabaya, Jawa Timur untuk kemudian bertolak menuju Kabupaten Lumajang melalui jalan darat untuk meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Kunjungan Kepala BNPB ini guna memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya proses evakuasi korban terdampak dapat berjalan secara optimal, dan kebutuhan dasar pengungsi tersalurkan dan diterima dengan baik.