LUMAJANG, HOLOPIS.COM – Jembatan utama penghubung antara Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang terputus akibat bencana erupsi yang terjadi di Lumajang, Jawa Timur.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengungkapkan, jembatan Gladak Perak yang putus tersebut makin mempersulit proses evakuasi masyarakat yang terdampak erupsi gunung Semeru.

“Kendala saat ini akses ke Pronojiwo terputus karena Jembatan Gladak Perak tertutup material erupsi dari Gunung Semeru sehingga tidak bisa dilewati,” kata Gatot, Sabtu (4/12).

Mau tak mau, ditegaskan Gatot, prose evakuasi harus dilakukan dengan memutar melalui jarak yang kebih jauh dan membutuhkan waktu yang lebih lama dari perkiraan.

“Karena jembatan putus, evakuasi warga di sejumlah desa di Kecamatan Pronojiwo harus mengambil jalan memutar melalui wilayah Malang Selatan,” jelasnya.

Erupsi gunung Semeru diketahui terjadi sejak siang tadi. Hujan abu menyelimuti berbagai kawasan termasuk sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang.

Sampai dengan saat ini, BNPB belum melaporkan adanya korban jiwa akibat erupsi tersebut. Namun, proses evakuasi masih terus diupayakan petugas di lapangan.