JAKARTA, HOLOPIS.COM – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat yang berada di sekitar Gunung Semeru, Lumajang, Jatim, melakukan evakuasi ke tempat yang aman.

Khofifah juga berdoa agar semua warga diberi keselamatan. Hal tersebut dikatakannya usai mendapatkan laporan erupsi Gunung Semeru, dari Bupati, BPBD dan masyarakat di Lumajang.

“Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat,” kata Khofifah, Sabtu (4/12).

Khofifah pun mengatakan pihaknya telah bergerak ke lokasi, untuk melakukan penanganan kepada masyarakat sekitar.

“Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi,” ucapnya.

Malam nanti, Mantan Menteri Sosial RI ini juga akan bertolak menuju lokasi terdampak letusan. Ia memohon doa agar seluruh warga diberi keselamatan.

“InsyaAllah malam ini saya ke lokasi. Mohon ikhtiar dan do’a mugi selamet sedoyo (semoga selamat semuanya),” pungkas dia.

Diketahui, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi disertai memuntahkan awan panas guguran, Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 WIB.