ACEH, HOLOPIS.COM Polri menegaskan bahwa pihaknya akan memperketat pengamanan pintu masuk provinsi Aceh. Hal ini dilakukan menjelang Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada 4 Desember mendatang.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy menjelaskan, pengamanan dilakukan di tempat rawan dan strategis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Nanti teknis pengamanan kita tetap lakukan razia. Bentuknya kalau ada yang bawa senjata tajam, barang dilarang itu akan kita lakukan pengamanan,” kata Winardy, Kamis (2/12).

Selain itu, dalam kegiatan rutinnya, Polri juga akan melakukan patroli di beberapa lokasi yang menjadi pusat kegiatan milad GAM.

“Kita Polda Aceh sudah menyiapkan kegiatan pengamanan dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan. Jadi kita sudah memplotting anggota untuk melakukan pengamanan di tempat-tempat strategis dan tempat rawan,” tukasnya.

Winardy membeberkan, pada perhelatan Milad GAM, kegiatannya akan diisi dengan zikir, doa dan santunan anak yatim. Di tempat itu pula akan dilakukan pengamanan termasuk menyediakan gerai vaksinasi covid-19.

“Kita harap masyarakat menjaga kondisi damai Aceh yang aman dan kondusif. Kita juga mengimbau masyarakar agar tak terlalu euforia berlebihan yang dapat menimbulkan kegiatan kontraproduktif. Agar iklim investasi yang sudah masuk ke Aceh ini tetap terjaga dan dapat meningkatkan pendapatan dengan adanya investor masuk ke Aceh,” harapnya.

Polda Aceh telah mempersiapkan sejumlah personel untuk menjamin kegiatan peringatan Milad GAM pada 4 Desember 2021 mendatang. Sehingga perayaan tiap tahunan itu dapat terlaksana dengan aman.

“Kepolisian juga bakal melakukan penyekatan disejumlah pintu masuk menuju Aceh., Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19,” jelasnya.