JAKARTA, HOLOPIS.COMWah, ada kabar gembira nih bagi para santri di Indonesia dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Pasalnya, ia menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan melakukan rekrutmen calon prajurit TNI Angkatan Darat dari basis pesantren.

Selain dari kalangan santri, TNI AD akan membukan rekrutmen jalur lintas agama. Dengan upaya ini, Jenderal Dudung berharap para prajurit TNI AD yang memiliki latar belakang santri dan lintas agama memiliki akhlak dan tingkah laku yang baik.

“Para prajurit memiliki akhlak yang baik sehingga mampu mengamalkan 8 wajib TNI, Sapta Marga, dan Sumpah Prajurit secara benar di lapangan,” kata Jenderal Dudung di sela meninjau kondisi dan kesiapan prajurit TNI AD di halaman Monumen Nasional (Monas) Jakarta dalam mengantisipasi Reuni 212, Kamis (2/12) siang.

Jenderal TNI keturunan Sunan Gunung Jati ini mengungkapkan, bahwa perekrutan prajurit TNI AD dari kalangan santri dan lintas agama didasari pada keyakinannya saja. Karena ia menilai para calon prajurit TNI AD dari kalangan agamawan pasti memiliki sikap dan akhlak yang baik karena pendidikan dasar spiritual yang dimiliki.

“Saya yakin mereka sudah terdidik, baik dari segi moral maupun akhlaknya,” tandasnya.

Dengan prajurit AD dari pesantren dan lintas agama, diyakini akan memiliki moral dan akhlak yang baik, KSAD Jenderal Dudung meyakini apa yang disampaikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bahwa “TNI Adalah Kita” bisa terwujud dengan cepat dan baik.

“Ini bisa segera diimplementasikan dengan bagaimana caranya rakyat dapat menyayangi TNI AD. Serta TNI AD lebih sayang kepada rakyat,” pungkasnya.