JAKARTA, HOLOPIS.COM – Serial drama Korea Selatan Populer ‘Squid Game’ memenangkan gelar serial TV panjang terbaik di Gotham Awards.

K-drama ini menjadi pemenang pertama dari Korea Selatan pada upacara penghargaan Amerika Serikat untuk film indie beranggaran rendah dan serial televisi.

Serial orisinal Netflix ini dianugerahi penghargaan Breakthrough Series – Long Format (lebih dari 40 menit).

Squid Game mengalahkan serial Small Axe, It’s A Sin, dan The Good Lord Bird. Pesaing lainnya ialah The Underground Railroad dan The White Lotus.

“Butuh 12 tahun untuk membuat pertunjukan ini dan menyajikannya kepada orang-orang, tetapi butuh waktu kurang dari 12 hari untuk menjadi pertunjukan No. 1 di planet ini. Ini keajaiban,” kata sutradara-penulis Squid Game Hwang Dong-hyuk dalam pidato penerimaan, dilansir Yonhap News, (1/12).

Dong-hyuk menyampaikan terima kasih kepada pemirsa karena telah menyukai dan menonton serial itu. Namun, aktor utamanya Lee Jung-jae tidak memenangkan kategori Outstanding Performance in a New Series.

Sebagai gantinya, Thuso Mbedu dalam The Underground Railroad dan Ethan Hawke dalam The Good Lord Bird berbagi kehormatan tersebut.

Selama acara itu, bintang Squid Game Jung Ho-yeon tampil sebagai presenter untuk penghargaan Breakthrough Nonfiction Series yang diberikan kepada dokumenter Philly DA yang tayang di PBS.