PAPUA, HOLOPIS.COM Brimob Papua Barat tegaskan bahwa mereka akan melakukan operasi skala bersar di Kabupaten Maybrat selama pelaksanaan ulangtahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) berlangsung.

Dansat Brimob Polda Papua Papua Barat, Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa mengatakan, bahwa Brimob bersama aparat gabungan akan memastikan kondisi aman di Papua Barat selama perayaan HUT OPM berlangsung.

“Pelaksanaan patroli dengan sasaran untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Sorong Selatan terkhususnya Kabupaten Maybrat,” kata Semmy, Rabu (1/12).

Pengamanan ini dilakukan di kantor- kantor pemerintahan, gedung sekolah. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kegiatan Kelompok KKB dan pengibaran Bendera Bintang Kejora.

“Kita lakukan patroli dengan menyasar tempat-tempat sentral agar mencegah terjadinya pengibaran Bendera Bintang Kejora,” tegasnya.

1 Desember sendiri ternyata bukanlah hari ulang tahun OPM, meski itu memang sangat terkait erat dengan upaya memerdekakan diri Papua dari Indonesia. 1 Desember diketahui merupakan hari di mana Bangsa Papua dikenalkan kepada dunia internasional sebagai bangsa yang siap merdeka.

Namun, pengamanan aparat kemudian selalu diperketat karena menganggap tanggal tersebut adalah hari peringatan ulang tahun OPM.