Cara Menghilangkan Kapalan

Jika Sobat Holopis mengalami kapalan, kalian bisa langsung pergi ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dan merekomendasikan beberapa jenis penanganan sesuai dengan kondisi kapalan kalian. Berikut ini beberapa cara menghilangkan kapalan yang biasanya dilakukan oleh dokter, antara lain:

  • Pengikisan Kapalan

Cara pertama adalah menghilangkan benjolan atau kulit yang menebal dengan mengikis menggunakan pisau bedah.

Jika kalian mengalami kapalan, jangan pernah menghilangkan kapalan sendiri, karena dpat menyebabkan infeksi pada kulit.

  • Menggunakan Gel Penghilang Kapalan

Langkah kedua adalah memberikan plester atau gel yang mengandung asam salisilat 40%. Dengan langkah ini, biasanya dokter juga memberitahu kapan akan diganti plesternya. Sebelum mengaplikasikan, sebaiknya kapalan dibersihan terlebih dahulu untuk menghilangkan kulit mati.

  • Operasi

Langkah berikutnya operasi, biasanya dilakukan apabila kapalan disebabkan oleh bentuk tulang yang tidak lurus, baik tulang kaki ataupun tulang tangan.

Namun, kasus ini jarang terjadi pada kasus kapalan.

  • Bantalan Sepatu

Cara selanjutnya dokter melakukan pemberian bantalan atau sisipan sepatu yang dibuat khusus. Cara ini yang basanya digunakan oleh dokter, apabila kapalan terjadi karena kelainan bentuk kaki.

  • Perawatan di Rumah

Jika kalian mengalami kapalan, biasanya dokter merekomendasikan beberapa perawatan yang bisa dilakukan di rumah, seperti merendam kaki atau tangan kedalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun. Cara ini dipercaya dapat melembutkan kapalan, sehingga akan terjadi pengelupasan kulit yang menebal.

Selanjutnya dengan cara menggosokkan kapalan dengan batu apung, saat mandi atau setelah mandi guna menghilangkan lapisan kulit yang mengeras. Tetapi cara ini tidak dianjurkan untuk kalian yang memiliki riwayat penyakit diabetes.

Lalu yang terakhir mengoleskan pelembab ke tangan ataupun kaki yang ada kapalannya, untuk tetap menjaga kelembutan kulit.

Cara Mencegah Kapalan

Kapalan sebenarnya bisa dicegah dengan cara yang mudah, namun beberapa dari kalian pasti tidak mengetahui caranya. Berikut ini cara pencegahan kapalan yang muncul di beberapa titik kulit:

  • Menggunakan sarung tangan yang bersih, nyaman dan tebal apabila akan melakukan pekerjaan yang dapat merusak kulit tangan atau jari kalian,
  • Memakai sepatu dan kaus kaki yang nyaman dengan sesuai ukuran kaki kalian,
  • Membersihkan dan menggunting kuku kaki maupun tangan secara rutin,
  • Hindari pemakaian sepatu hak tinggi,
  • Hindari berjalan tanpa alas kaki,

Kapalan bisa hilang dengan sendirinya, apabila gesekan pada area kulit berkurang. Namun, jika kalian memiliki kulit yang sensitif atau menderita penyakit yang menyebabkan risiko terjadinya infeksinya, disarankan untuk segera periksa kasus ini ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai.

Jika kalian menderita diabetes, jangan biarkan kapalan tak tertangani karena kapalan tersebut akan mengakibatkan luka terbuka dan infeksi yang berujung menjadi gangrene atau matinya jaringan kulit.

Bila cara penanganan dan pencegahan di atas tidak berhasil, segera berkonsultasi dengan dokter, agar penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan.