JATIM, HOLOPIS.COM – Pemerintah menjanjikan akan menyelesaikan persoalan pupuk yang menjadi kendala para petani di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Presiden Jokowi dalam kunjungannya mengatakan bahwa dirinya akan segera menyelesaikan persoalan tersebut dengan memerintahkan Menteri Pertanian.

“Tadi ada keluhan-keluhan dari para petani, utamanya yang berkaitan dengan pupuk, yang berkaitan dengan alat produksi, saya kira nanti akan kita bicarakan di Jakarta. Dan juga, agar Menteri Pertanian menyelesaikan hal kesulitan-kesulitan yang ada di lapangan ini secepat-cepatnya,” kata Jokowi, Selasa (30/11).

Sementara itu, mengenai bendungan bernilai triliunan yang telah dibangun, mantan Walikota Solo itu diyakini bisa panen dua kali padi dan satu kali palawija.

“Dengan adanya nanti Bendungan Tugu, airnya sudah mengalir sampai ke sawah-sawah di sini, akan bisa panen padi tiga kali, palawija sekali. Sehingga produktivitas setiap hektare yang ada di Kabupaten Trenggalek ini bisa naik secara drastis,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi mengklaim hasil dari bendungan yang telah dibangun tersebut bisa membuat hasil pertanian naik berkali kali lipat.

“Saya rasa ini adalah sebuah tambahan produktivitas dari petani yang dihasilkan, karena memang banyak sekali bendungan-bendungan yang telah selesai dibangun pada tahun-tahun sebelumnya. Ini mulai kelihatan hasil dari produktivitas, kenaikan di petani, sehingga memunculkan total produksi di seluruh tanah air ini menjadi merangkak naik,” pungkasnya.