JAKARTA, HOLOPIS.COM – Direktur WHO untuk Afrika, Matshidiso Moeti, menyatakan bahwa WHO mengkritik negara-negara dunia yang langsung menutup pintunya bagi pendatang dari Afrika karena kemunculan Covid-19 varian Omicron.

Moeti mengatakan, negara-negara dunia seharusnya mengambil keputusan berdasarkan data ilmiah dan regulasi kesehatan internasional.

“Larangan perjalanan kemungkinan hanya berdampak sedikit untuk mengurangi penyebaran Covid-19, tapi menyengsarakan kehidupan,” ujar Moeti dalam pernyataan yang dikutip Associated Press, Minggu (28/11).

“Jika larangan diterapkan, seharusnya tidak invasif atau mengganggu, dan harus berdasarkan ilmiah, sesuai dengan Regulasi Kesehatan Internasional, yang merupakan bagian dari hukum internasional yang diakui 190 negara”, Lanjut Moeti.

Lebih jauh, Moeti memuji Afrika Selatan karena mengikuti regulasi kesehatan internasional dengan langsung menginformasikan kepada WHO setelah laboratorium negaranya mengidentifikasi varian Omicron.

“WHO mendukung negara-negara Afrika yang punya keberanian untuk memberikan informasi kesehatan publik yang menyelamatkan nyawa, membantu melindungi dunia dari penyebaran Covid-19,” ucap Moeti.