JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kementerian Agama RI sampai saat ini masih melakukan skenario pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief mengatakan, meski suspend penerbangan dari Indonesia dengan sistem transit sudah dicabut, tak menandakan pelaksanaan umrah telah dibuka.

“Menindaklanjuti dicabutnya suspend penerbangan, Kementerian Agama RI dan Kementerian Haji Saudi akan membahas teknis penyelenggaraan umrah,” kata Hilman, Senin (29/11).

Hilman menuturkan, dalam pertemuannya dengan Kementerian Haji dan Umrah Saudi, pihaknya memaparkan kesiapan Indonesia dan skenario pemberangkatan jemaah umrah di masa pandemi.

Skenario tersebut antara lain berkenaan dengan one gate policy atau kebijakan satu pintu, skema karantina, validasi sertifikat vaksin dan hasil PCR, manasik umrah di masa pandemi, dan lain sebagainya.

“Dengan Kemenhaj Saudi, kita juga akan bahas skema dan durasi waktu karantina di Saudi, proses pengurusan visa, paket layanan, termasuk jadwal pergerakan dan masa tinggal jemaah selama di Tanah Suci,” ujarnya.

Ia berharap skenario bersama ini bisa segera disepakati sehingga dapat menjadi panduan bagi pemerintah, penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU), dan juga jemaah umrah.

“Semoga jemaah umrah Indonesia bisa segera mengobati kerinduannya untuk ziarah ke Tanah Suci,” ucap dia.