Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Asrama Haji Pondok Gede Akan Difungsikan Menjadi Karantina Jemaah Umrah

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah berencana akan menmanfaatkan asrama haji Pondok Gede untuk tempat karantina jemaah usai menjalankan ibadah umrah di Arab Saudi.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengatakan, tim dari BNPB sudah melakukan pemantauan ke lokasi dan menyatakan bahwa tempat tersebut memang layak digunakan untuk karantina.

“Tim Satgas Covid-19 BNPB sudah meninjau asrama haji. Mereka melakukan pengecekan kesiapan. Kesimpulannya, Asrama Haji Pondok Gede memenuhi syarat sebagai tempat karantina jemaah umrah Indonesia,” kata Hilman, Senin (29/11).

Untuk penyelenggaraan umrah yang disiapkan Kementerian Agama, Hilman mengungkapkan bahwa mereka akan menerapkan kebijakan satu pintu pemberangkatan jemaah melalui Asrama Haji Pondok Gede.

Untuk itu, proses karantina jemaah sebelum keberangkatan, pemeriksaan kesehatan, dan karantina setelah kembali ke Indonesia, akan dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede.

“Ini sebagai bagian dari upaya kita dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Jemaah yang berangkat umrah harus dalam keadaan sehat sejak di Tanah Air, selama di Arab Saudi, dan sampai kembali lagi di Indonesia,” terangnya.

Sementara itu Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab mengatakan, pihaknya akan melakukan sedikit renovasi. Padahal, sewaktu Asrama Haji Pondok Gede sempat dijadikan lokasi Isolasi Terpusat, beberapa perbaikan pun sudah dilakukan.

“Hanya perlu penambahan sejumlah informasi di areal asrama. Misalnya, tanda jalur keluar masuk, tanda penunjuk fasilitas, dan lainnya. Alur pergerakan sejak kedatangan jemaah dan keberangkatan, semua sudah dicek, dan semuanya sudah oke,” kata Mujab.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru