JAKARTA, HOLOPIS.COM – Jeruk bali merupakan jeruk dengan ukuran terbesar dari berbagai jenis jeruk yang lainnya. Jeruk ini memiliki kulit tebal dengan daging dan bulir berair.

Bulir jeruk bali hadir dalam berbagai warna mulai dari kuning hingga merah muda dan juga merah. Di balik penampilannya yang cukup besar, manfaat jeruk bali untuk kesehatan ternyata sangat banyak.

Jeruk bali dapat dengan mudah ditemui di wilayah tropis seperti Indonesia. Buah tropis ini memiliki rasa manis dan masam dengan kosistensi air yang melimpah.

Berikut manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh:

1. Kontrol tekanan darah

Air jeruk bali mengandung kalium yang merupakan nutrisi utama untuk mengatur tekanan darah. Kalium dalam jeruk bali dapat membantu melepaskan ketegangan di pembuluh darah dan membantu sirkulasi darah dan oksigenasi dari berbagai sistem tubuh.

Vitamin dalam jeruk bali juga membantu mencegah aterosklerosis, serangan jantung dan stroke karena meminimalkan tekanan pada jantung.

2. Cegah osteoporosis

Osteoporosis yang tidak terkontrol dapat memengaruhi postur, gerakan tubuh, serta fleksibilitas. Kalsium dalam jeruk bali dapat mencegah osteoporosis dan mengurangi risiko kerapuhan tulang. Makanan kaya kalsium juga bisa mendorong perkembangan tulang baru.

Kalsium dalam jeruk bali diserap oleh tulang dalam tubuh. Nutrisi ini membantu pemeliharaan kepadatan tulang yang optimal.

Kandungan kalium yang sangat tinggi dalam jeruk bali melengkapi kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan mineral oleh sel dan jaringan dalam tubuh.

3. Mengurangi Peradangan Kulit

Jeruk bali mengandung beberapa asam amino esensial yang membantu membangun sel-sel kulit sehat. Jeruk bali juga menekan kemerahan dan pembengkakan yang cenderung berkembang pada kulit yang terpapar pada kondisi lingkungan yang keras.

Kandungan flavonoidnya yang tinggi memberikan sifat antioksidan untuk membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas, menghilangkan jerawat, bekas luka dan bintik hitam dan mengurangi iritasi kulit.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Jeruk Bali mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan vitamin C pada jeruk bali berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, jeruk bali juga mengandung kalium yang dapat membersihkan simpanan arteri yang terakumulasi dalam tubuh.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya mengonsumsi jeruk bali secara teratur. Dengan begitu, jenis jeruk satu ini dapat secara efektif mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.

5. Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi penyakit yang banyak dialami seseorang. Salah satu cara alternatif mencegah obesitas adalah mengonsumsi jeruk Bali. Pasalnya, jeruk Bali memiliki kandungan senyawa berupa isothiocyanate yang dapat berfungsi membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kandungan vitamin C pada jeruk Bali juga berperan penting mencegah gangguan metabolisme. Mengonsumsi air jeruk Bali secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif mencegah obesitas dan menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya lainnya.