Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh, Ini Tips Dan Manfaat Mengkonsumsi Kopi

Bahaya Minum Kopi

Kopi dipercaya dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seorang pendiri Rush University Family Physicians Steven Rothschild mengatakan berbagai manfaat untuk kesehatan kopi.

Biji kopi mengandung banyak senyawa antioksidan yang mampu membantu mencegah berbagai macam penyakit, seperti liver, penyakit Parkinson, dan juga demensia.

Dibalik banyak manfaat dari mengkonsumsi kopi, ada juga efek samping yang bahaya bagi tubuh. Beberapa efek samping yang berbahaya bagi tubuh apabila mengkonsumsi kopi setiap hari:

  • Mengancam Kesehatan Lambung

Banyak manfaat dengan kita mengkonsumsi kopi. Namun, kopi dapat mengakibatkan efek samping pada lambung bagi orang yang mempunyai masalah lambung ataupun luka.

Jika kita membiasakan mengkonsumsi kopi setiap hari di waktu pagi, maka sistem pencernaan kita akan terganggu. Apalagi kalau kalian meminumnya saat perut masih kosong. Biasanya asam yang dimiliki kopi bisa memicu terjadinya asam lambung.

Tanpa diselingi makanan, kandungan asam tersebut tidak bisa mencerna makanan, sehingga asam tersebut pun tergenang di lambung. Akibat dari kandungan asam yang bersifat krosif, bisa merusak lapisan lambung jika dibiarkan terjadi terus menerus.

  • Aktivitas Harian Terganggu

Selain rasanya, banyak orang yang suka hanya untuk menghilangkan rasa ngantuk. Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan kewaspadaan pada otak, sehingga otak bisa lebih fokus bekerja dan bisa lebih produktif.

Namun, bahaya dari minum kopi tiap hari adalah munculnya kegelisahan dan kecemasan, yang bisa menggangu waktu saat beraktivitas ataupun waktu istirahat. Akibatnya, kalian bisa jadi sulit tidur lalu bangun dengan tubuh yang kelelahan dan tidak konsentrasi saat beraktivitas.

Kopi juga bisa membuat kalian ketergantungan, dan tubuh akan terbiasa dengan adanya kafein yang mengalir. Apabila terlewat satu hari, tubuh akan menunjukkan gejala seperti kekurangan vitamin. Bahkan bisa menimbulkan sakit kepala, mood jelek, dan bisa menimbulkan perasaan yang salah seperti kebingungan.

Lantas apa tips yang bisa dilakukan untuk menikmati kopi?

Tips Aman Mengkonsumsi Kopi

Satu cangkir kopi seduh mengandung sekitar 95 mg kafein. Minum kopi yang masih dianggap wajar adalah 3-5 cangkir atau rata-rata 400 mg kafein per hari.

Walaupun begitu, dosis kopi berbeda-beda untuk setiap orangnya. Sosis yang diperlukan tergantung pada usia, kesahatan dan juga beberapa kondisi lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum mengkonsumsi kopi, yaitu:

  • Tentukan berapa banyak kopi yang kalian harus konsumsi dan bagaimana efeknya pada pola suasana hati dan pola tidur kalian.
  • Simpanlah kopi di tempat yang sejuk dan kering, jauhkan dari panas dan kelembapan, agar tetap terjaga kebersihannya.
  • Kopi tidak selalu aman untuk dikonsumsi untuk semua orang. Jadi, sebaiknya diskusikan dengan dokter agar tahu dosis yang tepat untuk kalian.

Bagi pecinta kopi, sebaiknya kalian tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi kopi. Pentingkan kesehatan kalian terlebih dahulu, walaupun kopi juga memiliki banyak manfaat, tetapi dari banyaknya manfaat yang ada, efek samping pun juga pasti akan terjadi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru