JAKARTA, HOLOPIS.COMPro kontra rencana kebijakan pemerintah yang menghalau kegiatan liburan natal dan tahun baru (Nataru), mulai dari penghapusan libur Nataru sampai pemberlakuan PPKM level 3 di seluruh Indonesia tanpa terkecuali.

Melihat hal itu semua, pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI), dr Pandu Riono hanya menekankan pada persoalan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar.

“Bagi pekerja publik maupun swasta, hak cuti akhir tahun tidak perlu dilarang, bila sudah divaksinasi lengkap,” kata Pandu, Minggu (21/11).

Vaksinasi lengkap yang dimaksud Pandu adalah sampai dosis kedua. Jika sudah melakukan vaksinasi tersebut, seharusnya aktifitas publik boleh diakses, termasuk libur Nataru nanti.

Kemudian, ia juga berharap agar pemerintah tidak terlalu paranoid, apalagi sampai membuat kebijakan yang tidak tepat sasaran.

“Tidak perlu ada kebijakan yang paranoid, sampai menetapkan PPKM Level 3 di semua wilayah Indonesia. Terapkan aturan yg boleh bepergian dan melakukan kegiatan Natal dan Tahun Baru, diijinkan hanya pada orang yang sudah divaksinasi lengkap dan Status Covid negatif minimal dengan tes antigen,” ujarnya.

Ia pun memberikan nasehat baik kepada seluruh masyarakat Indonesia, agar benar-benar tidak lalai dalam melakukan aktifitas, terkhusus saat Nataru. Di mana kegiatan harus dibatasi dengan baik, yakni hanya berinteraksi secara langsung dengan orang-orang yang sudah melakukan vaksinasi saja.

“Agar liburan Nataru nyaman, perhatikan enam faktor. 1. Kumpul hanya dengan orang-orang yang divaksinasi lengkap. 2.Tes antigen bila diperlukan. 3. Tetap pakai masker terutama bila melakukan kegiatan di ruang tertutup. Manfaatkan aplikasi PeduliLindungi,” tuturnya.

Dan bagi mereka yang merasa tidak enak badan, sebaiknya mengurungkan niat untuk melakukan acara kumpul-kumpul.

“Ingatkan, yang sedang sakit atau tidak fit jangan berkumpul. Pilih tempat yang terbuka, dengan ventilasi udara yang baik. Perhatikan waktu dan luas ruang lokasi agar jangan terlalu padat huni. Semoga liburan aman dan nyaman,” pungkasnya.