Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Satgas Covid-19 Paparkan Cara Cegah Gelombang Ketiga

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menjelaskan cara untuk mencegah gelombang ketiga Covid-19.

Pengalaman kenaikan kasus ini sebelumnya pernah terjadi di Amerika Serikat dan Eropa. Padahal cakupan vaksinasi di Amerika Serikat dan Eropa tinggi.

Reisa mengatakan, berdasarkan pemaparan dari dr Maria Van Kerkhove dari WHO disebutkan bahwa pola penyebaran Covid-19 yang terdapat di seluruh Eropa dan dunia sepenuhnya dapat diprediksi.

“Karena ketika kita menghilangkan langkah-langkah pencegahan dan tidak lagi mengikuti panduan PPKM atau panduan kesehatan masyarakat dan aktivitas sosial WHO, ketika kita lengah seputar penggunaan masker dan jaga jarak, dan tidak lagi memperhatikan ventilasi, tidak lagi menghindari keramaian, sementara varian baru virus masih ada,” ujar Reisa saat konferensi pers, yang dikutip pada Sabtu (20/11).

Reisa juga menjelaskan, selama masyarakat masih meningkatkan mobilitas sosial, sementara cakupan vaksinasi belum 100 persen, maka virus akan berkembang. Hal inilah yang terjadi di Amerika dan Eropa.

Apalagi di setiap periode libur panjang, mobilitas masyarakat semakin meningkat dan berujung pada peningkatan kasus. Di Indonesia, kenaikan kasus terjadi setelah libur Natal dan Tahun Baru pada tahun lalu serta setelah periode libur lebaran.

“Tentunya setelah mobilitas dan interaksi sosial meningkat tajam, akhir-akhir inipun kita menyaksikan tren yang sama,” kata dia.

Untuk mengantisipasi ancaman gelombang ketiga pada periode libur Natal dan Tahun Baru, pemerintah pun berencana melakukan pengetatan mobilitas masyarakat.

Sejumlah kegiatan diusulkan untuk dilarang seperti acara pergantian tahun baru, pesta kembang api, pawai arak-arakan di tahun baru, event perayaan tahun baru di mal, dan kegiatan seni budaya serta olahraga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru