JAKARTA, HOLOPIS.COM – Fenomena Gerhana Bulan Sebagian akan terjadi dibeberapa wilayah Indonesia. Kejadian ini dapat terlihat secara penuh di wilayah timur Indonesia pada petang nanti (19/11).

Dilansir dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), gerhana kli ini permukaan Bulan akan tertutupi oleh umbra Bumi sebesar 97,85%, sehingga durasi gerhana dapat mencapai 3 jam 28 menit.

“Sayangnya di Indonesia hanya daerah Papua saja yang durasi gerhananya paling lama, yaitu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit. Sementara itu, bagian barat Indonesian tidak dapat mengamati punck Gerhana Bulan Sebagian,” tulis LAPAN pada akun Instagram resminya @lapan_ri (16/11).

WhatsApp Image 2021 11 19 at 11.25.35
Gerhana Bulan Sebagian (foto: Instagram @lapan_ri).

Berikut ini wilayah-wilayah di Indonesia yang dapat menikmati fenomena Gerhana Bulan Sebagian :

  • Fase puncak gerhana hingga akhir penumbra

Fase ini akan dialami oleh Papua Barat (kecuali Kab. Raja Ampat), Papua, dan Maluku (Kep. Kei dan Kep. Aru).

  • Fase akhir sebagian hingga akhir penumbra

Selanjutnya fase sebagian hingga akhir, akan dialami oleh Papua Barat (Kab. Raja Ampat), Maluku Utara, Maluku (kecuali Kep. Kei dan Kep. Aru), Sulawesi, Nusa Tenggara, Kalimantan, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, lalu Jawa Barat (kecuali Kota Bekasi, Kab. Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kab. Bogor, Kota Sukabumi, Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat), Riau (Kab. Kep. Anambas dan Kab. Kep Natuna), dan Bangka Belitung (kecuali Bangka Barat)

  • Fase akhir penumbra saja

Fase ini akan dialami oleh beberapa wilayah, seperti Sumatra, Kep. Riau (kecuali Kab. Kep. Anambas dan Kab. Kep. Natuna), Bangka Belitung (Kab. Bangka Barat), Banten, DKI Jakarta, dan juga Jawa Barat (Kota Bekasi, Kab. Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kab. Bogor, Kota Sukabumi, Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat).

Fenomena ini tak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi terlihat juga di Amerika Utara dan Samudra Pasifik, Alaska, Eropa Barat, Australia timur, Selandia Baru,serta Jepang.

Gerhana Bulan Sebagian adalah kondisi dimana sebagian permukaan Bulan tertutupi bayangan atau umbra Bumi. Jadi, semakin bulan menuju ke tengah atau pusat bayangan pada puncak gerhana, maka durasi gerhana akan semakin lama.