JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meminta agar jajarannya bisa menjadi contoh dan panutan yang baik ke masyarakat saat operasi Zebra 2021 berlangsung.

Fadil mencontohkan, jangan sampai ada anggota Polda yang kedapatan memakai knalpot bising namun malah memberikan peringatan kepada pengendaran yang juga memakai knalpot bising.

“Jangan sampai kita sebagai anggota Polri malah melakukan pelanggaran, seperti misalnya menggunakan knalpot bising, jadi saya berharap seluruh anggota menertibkan dirinya sebelum menertibkan masyarakat,” kata Fadil, Senin (15/11).

Oleh karena itu, setiap anggotanya, Fadil berpesan agar mereka bersikap profesional dalam pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2021 selama 14 hari. Langkah persuasif dan humanis harus menjadi patokan mereka di lapangan.

“Perhatikan perilaku anggota di lapangan pada saat operasi, tetap jaga sopan santun, laksanakan tugas dengan profesional, jangan lagi ada kejadian lalu lintas yang bekerja tidak sesuai dengan prosedur,” tegasnya.

Dalam operasi tersebut, Fadil Imran juga meminta untuk memaksimalkan penggunaan kamera tilang elektronik atau ETLE. Untuk tempat-tempat yang belum terpasang kamera, lanjutnya, diharapkan untuk segera ditambah. Terutama, di lokasi yang berpotensi banyak terjadi pelanggaran, baik di jalan tol maupun jalan utama.

“Selain itu dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat di dalam berlalu lintas, karena dunia melihat Indonesia salah satunya dari cermin lalu-lintas, kalau ingin mengetahui budaya suatu bangsa dapat dilihat dari disiplin berlalu lintas,” pungkasnya.