JAKARTA, HOLOPIS.COM – Mabes Polri mengaktifkan kembali OPerasi Aman Nusa II di seluruh Indonesia menyusul maraknynya bencana alam di tanah air.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan,operasi tersebut dikhususkan untuk mengantisipasi dampak dari bencana alam yang terjadi di setiap wilayah Indonesia. Meskipun sebelumnya, bencana alam sudah banyak terjadi di Indonesia hingga menimbulkan korban jiwa.

“Itu adalah suatu hal yang rutin dilakukan ketika menjelang perubahan iklim dari kemarau ke hujan yang cenderung banyak menimbulkan masalah bencana alam seperti longsor dan banjir,” kata Rusdi , Sabtu (13/11).

Rusdi juga mengungkapkan, operasi ini akan digelar baik ditingkat Mabes Polri hingga tingkat terkecil di wilayah seperti Polsek. Polri sendiri disebutnya sudah mempersiapkan operasi ini jauh-jauh hari sebelum kembali diaktifkan.

“Jadi tinggal dilaksanakan,” imbuhnya.

Untuk cara kerja operasi ini, diterangkan Rusdi, yakni bila mendapat informasi titik bencana termasuk banjir, pihak kepolisian akan turun membantu korban banjir.

Polri akan menggunakan perlengkapannya hingga berkoordinasi dengan stake holder terkait untuk penanganan banjir tersebut.

“Sekarang sudah mulai antisipasi kalau ada bencana (bergerak) mereka, juga pencegahan mengingatkan mitigasi kepada masyarakat tentang antisipasi bencana itu,” pungkasnya.