BANDUNG, HOLOPIS.COM – Perdana Menteri Malaysia Dato’ Sri Ismail Sabri Yaakob mengapresiasi penawaran yang dilakukan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk menjalin kerjasama di bidang pertahanan antar kedua negara.

Dalam kunjungannya ke PT Pindad (Persero) Kamis (11/11), PM Malaysia menyatakan pihaknya akan segera memfinalisasi kesepakatan kerjasama pertahanan tersebut.

“Hari ini di Bandung, di PT Pindad ini, mungkin kita akan mencapai sesuatu yang baik untuk dua belah pihak dari segi kerjasama industri pertahanan,” kata PM Malaysia.

Prabowo bersama rombongan PM Malaysia pun melaksanakan plant tour ke fasilitas produksi dan menyaksikan defile kendaraan khusus meliputi Medium Tank Harimau, Ranpur Badak, Komodo berbagai varian, Anoa berbagai varian, Maung dan kendaraan terbaru MV2.

prabowo pindad 2
Perdana Menteri Malaysia Dato’ Sri Ismail Sabri Yaakob ditemani Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengunjungi PT Pindad (Persero) Kamis (11/11)/Foto: Tim Media Prabowo

Pindad juga menampilkan berbagai jenis senjata meliputi pistol Armo berbagai varian, G2 series (Combat, Elite, Premium), Mag 4, P3A, SPR berbagai varian, SS2 V5 A1, Blackout, Dopper dan SPM.

Kunjungan ini sendiri diketahui merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan Malaysia pada 28 Oktober 2021.

Kedua Menhan kemudian telah sepakat untuk menyusun sebuah kesepakatan (MoU) sebagai landasan hukum dalam melakukan kerjasama pertahanan yang lebih luas.

Dengan adanya MoU ini, diharapkan kerjasama di bidang pertahanan kedua negara dapat meluas ke berbagai bidang kerjasama yang dapat memberikan manfaat langsung baik bagi TNI, Angkatan Tentera Malaysia (ATM), maupun kawasan.