JAKARTA, HOLOPIS.COM Austria akan me-lockdown jutaan orang di negaranya yang belum divaksinasi secara penuh.

Saat ini sebanyak 65% masyarakat Austria sudah divaksinasi Covid-19 secara penuh. Namun, menurut data dari European Centre for Disease Prevention and Control, Austria merupakan salah satu negara barat dengan tingkat vaksinasi yang paling rendah.

Dilansir dari Skynews (12/11), banyak warga Austria hingga saat ini yang masih skeptis terhadap vaksin, sebuah pandangan yang dipopulerkan oleh Partai Kebebasan dari sayap kanan yang merupakan partai terbesar ketiga di parlemen.

Di bawah rencana pemerintah yang disepakati pada bulan September, orang yang tidak divaksinasi terpaksa akan dibatasi seluruh ruang geraknya, bahkan mereka sampai dilarang bepergian agar tidak memicu ledakan kasus Covid-19.

Pada hari Kamis (11/11), kasus baru berada di angka 760,6 yang merupakan tiga kali lipat dari negara tetangga Jerman yang saat ini tengah berjuang melawan Covid-19.

Lonjakan kasus di Austria terjadi pada saat negara-negara Eropa Timur mengalami kenaikan angka kematian per hari, dan tingkat vaksinasi yang rendah.