JAKARTA, HOLOPIS.COM Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi menilai, bahwa pilihan Presiden Joko Widodo yang akhirnya disetujui oleh DPR RI untuk menunjuk Jenderal TNI Andika Perkasa adalah sesuatu yang positif bagi institusi TNI dan Indonesia secara luas.

Itulah harapan yang bisa diucapkan saat ini menjelang pergantian pucuk pimpinan lembaga militer Indonesia itu.

“Kita berharap keputusan Presiden memilih nama pak Andika Perkasa sebagai Panglima TNI ini menjadi sesuatu yang positif dan baik, membawa berkah bukan hanya bagi TNI tapi juga bagi seluruh rakyat dan NKRI,” kata Fahmi dalam wawancara virtual bersama Holopis.com, Kamis (11/11).

Ia juga ingin agar Jenderal Andika Perkasa bisa membuktikan apa yang sudah menjadi visi dan misi yang ia sampaikan di dalam RDPU dengan Komisi I DPR RI beberapa hari yang lalu itu.

“Kita harap di kepemimpinan beliau, visi misi yang sudah disusun dengan sangat cakep itu bisa dijalankan semaksimal mungkin,” ujarnya.

Fahmi juga meminta agar Pangliam TNI nantinya bisa menjadikan institusi TNI sebagai aparat yang bisa menjalankan tugasnya dengan biak dalam berbagai aspek, salah satunya adalah menjaga kedaulatan NKRI.

“Untuk menghadirkan TNI sebagai kekuatan penegak kedaulatan yang tangguh, profesional, disegani dan berwibawa. Tidak hanya di dalam negeri tapi di antara negara-negara lain,” pungkasnya.