CIKARANG, HOLOPIS.COM – Indonesia akan menjadi basis produksi Vespa, dengan akan dibangunnya pabrik Piaggio di di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik akan dibangun di atas lahan seluas enam hektare dengan kapasitas 10.000 unit per tahun, yang produksi pertamanya akan dimulai pada kuartal IV tahun 2022.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, bahwa Indonesia menjadi pasar sepeda motor terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun 2020 Indonesia kuasai 38 persen penjualan atau sebanyak 3,66 juta unit

“Sepeda motor merupakan salah satu moda transportasi yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, sehingga potensi industri otomotif untuk mengisi pasar kendaraan bermotor masih sangat besar,” ujar Agus, acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik vespa PT Piaggio Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (9/11).

Ekspansi yang dilakukan oleh PT Piaggio Indonesia ini, jadi lompatan jauh dari perusahaan pemegang merek sepeda motor ikonik Italia tersebut. Selain itu, langkah ini juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri otomotif nasional, terutama dari sisi peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, dan pemberdayaan industri komponen lokal.

“Perlu diingat, ini merupakan tahap awal. Artinya ke depannya akan lebih banyak lagi aktivitas, partisipasi, maupun investasi dari teman-teman Italia, khususnya PT Piaggio Indonesia,” kata Agus.

Piaggio Indonesia juga diharapkan, bisa melibatkan sebanyak-banyaknya industri komponen skala kecil dan menengah untuk menjadi bagian dari rantai pasoknya. Dengan perakitan Vespa Made in Indonesia bisa menjadi salah satu produk unggulan kebanggaan Indonesia.

“Tidak lupa kami juga mendorong agar Piaggio dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia,” ujarnya.

“Selain itu, dapat meningkatkan customer loyalty serta memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi perekonomian nasional,” tegasnya.