JAKARTA, HOLOPIS.COM – Setelah menerka bagaimana wujudnya, akhirnya dari All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz resmi diluncurkan PT Toyota-Astra Motor (TAM) bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2021.

TAM hadirrkan mobil yang sudah masuk generasi ketiga ini, dengan platform global terbaru yakni Toyota New Global Architecture (TNGA). Penggerak roda yang digunakan kedua mobil ini juga berubah, dengan menggunakan front wheel drive (FWD).

Dengan perubahan total yang dilakukan, membuat All New Avanza dan All New Veloz jadi presentasi dari era baru mobilitas dari segi kenyamanan dan rasa berekendara yang menyenangkan.

“Kami berharap All New Avanza dan All New Veloz dapat mendukung mobilitas masyarakat khususnya di Indonesia dan melanjutkan warisannya sebagai bagian dari kebesaran Indonesia,” kata Susumu Matsuda, President Director PT Toyota-Astra Motor saat peluncuran All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz secara virtual, Rabu (10/11).

Dasbor
Dasbor. (Dok : TAM)

Dari sisi exterior All New Avanza dan All New Veloz, memang terlihat sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Perubahan total yang dilakukan, mengusung gabungan desain SUV dan MPV.

Lalu bagian grill, All New Toyota Veloz mengedepankan tampilan sporty dengan honeycomb grille. Untuk All New Toyota Avanza, hadir dengan grille horizontal. Lampunya pun lebih sipit dengan teknologi lampu LED.

Beralih kebagian samping, kesan modern terlihat dari velg baru yang lebih besar sehingga terlihat lebih tinggi. Untuk pilar D, dibuat ala floating roof.

Untuk bagian belakang, kaca belakang dan pintu bagasinya terlihat mengotak seperti di mobil SUV. Lampu belakangnya, mirip seperti lampu belakang Raize. Sedangkan lampu rem, dibuat menyatu dengan reflektor.

interior
Interior. (Dok : TAM)

Urusan mesin All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz, menawarkan 2 opsi mesin yakni 1.300 cc dan 1.500 cc. Sedangkan untuk pilihan transmisi, masih tetap dengan pilihan manual dan otomatis.

Khusus varian otomatis, menggunakan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) yang diklaim ebih mulus pengoperasiannya tanpa entakan saat perpindahan gigi.

“Kombinasi dari performa mesin efisiensi tinggi dan transmisi CVT terbaru akan memberikan kesan berkendara yang bertenaga dan efisiensi bahan bakar yang terbaik di kelasnya,” ujar Eiji Fujibayashi. Chief Engineer dari Avanza.

Fitur – fitur canggih mulai dipasang, seperti teknologi Toyota SafetySense (TSS)e. Di Indonesia, Toyota sistem TSS ini di Toyota Raize. Fitur TSS dilengkapi dengan teknologi kamera dan sensor laser. Sistem TSS dirancang untuk mengurangi bahaya saat berkendara.

“Kami juga telah memberikan perhatian khusus pada fitur keselamatan Fitur canggih terdepan di kelasnya seperti Toyota Safety Sense juga tersedia, menawarkan ketenangan bagi pelanggan kami,” ucap Fujibayashi.

TSS yang ada di mobil ini meliputi fitur Pre-collision warning and braking, lane departure warning and prevention, lane keeping control, automatic high beam, adaptive driving beam, dan front departure alert.

Bagian dalam sudah tidak lagi terlihat tuas rem tangan, karena Toyota sudah menggunakan parkir elektrik atau Electric Parking Brake (EPB). Untuk mengaktifkan rem parkir tinggal menekan tombol EPB yang terletak dekat persneling.