JAKARTA, HOLOPIS.COM – Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara Bidang Komunikasi dan Media, Faldo Maldini menyampaikan, pelantikan Panglima TNI yang baru akan dilakukan sebelum akhir November 2021.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa telah mendapatkan persetujuan dari DPR untuk menjadi Panglima TNI setelah melewati fit and proper test.

“Sebelum akhir bulan, kita sudah punya Panglima TNI baru. Masih ada waktu jelang jadwal pensiun dari Panglima sekarang, Marsekal Hadi Tjahjanto,” kata Faldo, Selasa (9/11).

Faldo juga menyampaikan, hingga kini surat persetujuan dari DPR terkait pemilihan Andika sebagai Panglima TNI juga belum diterima Sekretariat Negara. Namun, ia menegaskan masih ada waktu untuk melakukan upacara serah terima jabatan.

“Surat dari DPR juga belum masuk. Kami masih menunggu. Semuanya cukup waktu untuk melakukan upacara serah terima jabatan, sebagaimana tradisi di tubuh TNI,” katanya.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga mengatakan hingga saat ini istana belum memastikan jadwal Jokowi melantik Andika sebagai Panglima TNI.

Terkait dengan kabar reshuffle kabinet, Heru memastikan pelantikan Andika terpisah dari kocok ulang (reshuffle) kabinet.

“Belum. Tidak (bersamaan dengan reshuffle kabinet),” ucap Heru, Selasa (9/11).