JAKARTA, HOLOPIS.COM – Tampilan Google Doodle, Senin (8/11) menggunakan gambar seorang wanita bernama Roehana Koeddoes. Lalu, siapakah gerangan wanita itu, sampai bisa muncul di Google Doodle?

Roehana Koeddoes sendiri memiliki nama asli Siti Roehana, ia lahir kota kecil Koto Gadang, Sumatera Barat, Hindia Belanda (sekarang Indonesia) pada tanggal 20 Desember 1884. Dirinya juga dikenal, sebagai sosok wanita tanah air pertama, yang menjadi jurnalis.

Sejak usia 7 tahun, Roehana Koeddoes sudah suka membaca berbagai halaman-halaman surat kabar lokal. Hingga tahun 1911, ia mendirikan sekolah pertama di Indonesia di kota kelahirannya.

Sekolah tersebut dibangun, untuk memberdayakan perempuan melalui berbagai program, mulai dari pengajaran literasi bahasa Arab hingga moralitas.

Karir Roehana Koeddoes Jadi Jurnalis

Karirnya sebagai jurnalis, dimulai saat ia pindah ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Disana Roehana mulai menulis dan melakukan peliputan berita yang dikirimkan ke media massa. Roehana pernah bekerja di Oetoesan Melajoe, yang sudah terbit sejak 1911.

Dengan kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya, sang pemilik Oetoesan Melajoe, Datoek Soetan Maharadja memberikan dukungan kepada Roehana untuk menerbitkan Soenting Melajoe pada 10 Juli 1912.

Roehana pun terus menulis artikel, yang membuatnya terdorong untuk membela kesetaraan dan melawan kolonialisme, dengan beberapa mencapai pengakuan nasional. Apa yang dilakukan Roehana, membuat anggapan bahwa perempuan dalam jurnalisme Indonesia lebih kritis dan berani dari sebelumnya.