JABAR, HOLOPIS.COM Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tegaskan sosok pemimpin adalah sosok yang harus memiliki pemikiran brilian dan berwawasan luas.

Hal tersebut disampaikan Prabowo kepada ratusan Perwira Siswa Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Pasis Seskoau) saat berkunjung ke Sekolah di kawasan Lembang, Jawa Barat.

“Harapan saya, kalian sebagai pemimpin harus pemikir. The beauty of a commander is to think. Tugas pemimpin adalah untuk berpikir,” kata Prabowo, Selasa (3/11).

Sosok pimpinan, ditanamkan Prabowo, adalah sosok yang mempunyai peran besar keberhasilan sebuah misi. Dengan konsep seperti itu, dasar pemikiran dan wawasan yang luas itulah yang kemudian menjadi pondasi sosok seorang pimpinan.

“Unsur pimpinan itu yang menentukan keberhasilan suatu organisasi atau keberhasilan sebuah negara,” tegasnya.

Oleh karena itu, Prabowo kemudian menekankan pentingnya lembaga pendidikan militer yang dapat menentukan kekuatan sebuah negara, terkhusus dari sektor Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kalau kita mau lihat kuatnya sebuah negara dan tentaranya,lihatlah lembaga pendidikan militer tersebut. Kalau kita mau lihat perkembangan teknologinya,lihatlah universitasnya,” ungkapnya.

Prabowo Subianto juga menyampaikan pentingnya pendidikan dan penguasaan teknologi bagi para perwira masa kini di mana teknologi dalam sektor pertahanan berkembang pesat di tengah dinamika lingkungan strategis yang terjadi saat ini.

Kepada ratusan siswa itu, Prabowo kemudian berpesan bahwa para perwira perlu terus belajar dan berlatih agar dapat menjaga kedaulatan dan wilayah Indonesia dengan sebaik-baiknya.

“Keunggulan di pertempuran, keunggulan di saat-saat yang kritis, semua keunggulan itu hanya bisa datang dari latihan, dari pendidikan,“ tandasny.

Seperti diketahui, Seskoau bertugas menyelenggarakan pengembangan umum tertinggi TNI Angkatan Udara, Pendidikan Operasi Matra Udara, melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin serta kemampuan dan kekuatan matra udara.

Tak hanya itu, Seskoau juga menjadi lembaga pendidikan TNI AU yang mempersiapkan para calon pemimpin.