JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan setidaknya 131 kabupaten/kota di Indonesia mengalami tren kenaikan kasus virus corona (Covid-19) dalam beberapa waktu terakhir.

Kenaikan tren tersebut menurut Muhadjir terjadi seiring dengan penurunan kasus covid-19 secara signifikan dalam 2-3 bulan terakhir ini.

“Kondisi saat ini secara agregat, angka nasional untuk penularan terjadi turun. Tetapi ada sekitar 131 kabupaten/kota yang mengalami tren naik, di samping ada beberapa kabupaten/kota juga yang mengalami penurunan,” kata Muhadjir dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/11).

Muhadjir tidak merinci detail ratusan kabupaten/kota itu. Ia kemudian mewanti-wanti seluruh pihak agar tetap waspada dalam mencegah ancaman gelombang tiga covid-19 yang diprediksi sejumlah ahli terjadi pada akhir atau awal tahun.

Muhadjir menyebut, pemerintah sejauh ini sudah mempersiapkan antisipasi seperti akselerasi pada capaian program vaksinasi nasional, dan juga pada strategi testing, tracing, dan treatment (3T).

“Langkah-langkah tersebut diperkuat dengan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan, juga 3T,” ujarnya.