JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud menilai, bahwa ada kemungkinan besar kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) maupun Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sedang menggalang wacana ke luar negeri agar mereka diperhatikan oleh negara-negara di dunia.

Hal ini disampaikan Mahfud menyikapi dinamika sosial yang terjadi di Papua termasuk di Intan Jaya. Di mana ada serangan dari kelompok KKB dan OPM terhadap masyarakat sipil di sana.

Apalagi kata Mahfud, saat ini Presiden Joko Widodo sedang berada di Italia untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

“Kesan kami, OPM itu selalu mengambil momentum untuk menarik perhatian luar negeri. (Apalagi) saat ini Presiden sedang di luar negeri dan bertemu dengan tokoh-tokoh G20. Nah, OPM memanfaatkan momentum itu,” kata Mahfud, Minggu (31/10).

Padahal menurut Mahfud, dunia internasional justru menganggap negatif gerakan-gerakan separatis di sebuah negara, salah satunya adalah OPM dan KKB ini.

“Padahal di lembaga-lembaga internasional yang resmi, masalah separatisme Papua tidak pernah diagendakan. Dunia internasional melihat Papua seperti melihat daerah-daerah lain, misalnya masalah penyelamatan lingkungan hidup dan kesejahteraan rakyat, bukan soal disintegrasi,” pungkasnya.